Persahabatan
Ada beberapa hal yang menjadi pantangan bagi para pria untuk dilakukan sebagai langkah dalam menjaga persahabatan . (Foto Unsplash)

Sabigaju.com – Persahabatan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap orang. Dengan bersahabat, maka kamu enggak akan merasa sendiri, in good or bad time. Kamu bisa chilling bareng mereka, cerita berbagai masalah, membantu mereka ketika susah, or somethings yang bisa membuat kalian bahagia.

Tapi masalahnya, sudah pandaikah kamu menjaga persahabatan dengan seseorang? Jangan-jangan, kamu menganggap mereka sahabat, tapi justru mereka enggak suka sama tingkah kamu.

Persahabatan cowok memang enggak sekompleks persahabatan cewek. Cowok lebih simpel dan enggak mau ambil pusing. Tapi tetap aja, ada kalanya kamu mesti paham bahwa banyak hal bisa merusak persahabatan kamu.

So, simak ulasan berikut supaya persahabatan kamu tetap langgeng sampai kapanpun.

BACA JUGA:

1. Jangan Ngomongin Mereka di Belakang

Kata siapa gosip cuma berlaku di kalangan cewek? Faktanya, banyak juga cowok yang bergosip dan membicarakan hal jelek di belakang seseorang.

Karena dengan ini, kamu akan dinilai sebagai pengkhianat. Apapun itu, keep it in the bottle. Setiap orang punya kejelekan. Lebih baik, kamu omongin langsung aja apa yang bikin kamu enggak suka. Kalau mereka adalah sahabat baik, pasti akan menerima dan tetep jadi sahabat kamu.

2. Jangan Rebut Pasangannya!

Ini penting. Jatuh cinta emang bisa dialami siapa dan kepada siapa saja. Tapi bukan berarti kamu enggak bisa menghindarinya.

Jaga jarak dari pasangannya. Kalau pasangannya curhat, kamu cuma perlu menanggapi seadanya supaya mereka enggak baper. Kalau bisa, hindari saja jika ada sinyal mereka mau curhat. Apalagi jika mereka sudah menikah. It’s a big no!

Sekali kamu merebut pasangannya, maka persahabatan kamu akan rusak selamanya. Cowok biasanya akan sangat marah, apalagi jika terjadi pada sahabatnya sendiri. Ingat ya, perempuan di dunia ini jumlahnya miliaran dan kamu bisa mendapatkannya.

3. Hutang Piutang

Ini juga lumrah banget di kalangan para cowok. Memang sih, sebagai sahabat mungkin kalian enggak mau lihat jika salah satunya ada yang kesusahan. Tapi ini soal komitmen. Kalau kamu memang berjanji bisa mengembalikan uangnya dengan cepat maka kamu harus melakukannya.

Begitu juga jika kamu adalah orang yang meminjamkannya. Kamu harus lihat kondisi apakah mereka sudah membaik untuk dimintai uang kembali. Jangan sampai kamu menyinggung dan menyusahkan mereka. Enggak salahnya membantu teman, kan?

Tapi ini juga bukan berarti bisa dilakukan berkali-kali ya, Sob. Apalagi kalau sahabat liat kamu masih mampu nge-mall dan beli barang branded. Jamin, mereka enggak bakal nolong kamu lagi.

4. Berbohong

Ini sebetulnya berlaku untuk semua orang, enggak cuma sahabat. Setiap orang tidak suka dibohongi, begitu juga dengan kamu kan?

Maka itu, kamu sebisa mungkin harus bisa berlaku jujur agar bisa selalu dipercaya. Ingat bahwa kepercayaan orang sangat penting dan kamu butuhkan.

5. Egois

Siapapun tak akan suka dengan orang egois. Kamu mungkin lebih mencintai diri sendiri, tapi bukan berarti kamu bisa bertindak sesuka hati sampai lupa bahwa kamu enggak hidup sendiri.

Jangan bersikap egois terhadap sahabat. Kamu bisa menyisihkan sedikit perhatian kamu supaya mereka merasa mendapat tempat yang baik di kehidupan kamu

Well, itu dia Sob beberapa poin yang bisa kamu simak baik-baik agar persahabatan kamu terjaga. Ingat bahwa sahabat yang baik sulit dicari, maka kamu harus menjaganya jika memang sudah punya ya. (Sbg/Dinda)

Comments