Sabigaju.com – Ada sejumlah peristiwa yang mengemuka dan menjadi perhatian dan perbincangan publik dan netizen di berbagai lini media sosial pada minggu pertama Agustus 2020.

Mulai dari dugaan geramnya netizen atas pelecehan seksual yang di lakukan seorng mahasiswa bernama Gilang hingga suhu dingin yang melanda di sebagian wilayah tanah air dalam beberapa hari belakangan.

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu pertama Agustus 2020.

BACA JUGA: Bagaimana Sikap Pria Ketika Mengalami Perlakuan Pelecehan Seksual? 

1. Gilang Jarik

Di minggu pertama Agustus 2020 Jagat mayaheboh memperbincangkan Gilang, salah satu mahasiswa Universitas Airlangga yang diduga melakukan tindak pidana pelecehan seksual dengan membungkus korbannya menggunakan kain jarik.

Begitu ramai perbincangan soal kasus ini, kata kunci Gilang sampai-sampai menempati posisi puncak daftar topik tren di Twitter Indonesia pada Jumat (31/7) dengan jumlah kicauan 257 ribu.

Gilang bungkus ramai dibicaraakan di Minggu Pertama Juli 2020
(Sumber: https://twitter.com/m_fikris)

Kegaduhan ini bermula dari beberapa akun jejaring sosial Twitter yang membeberkan pengalaman sejumlah korban Gilang. Adapun modus operandi yang dilakukan Gilang yakni dengan lebih dulu mengikuti akun media sosial calon korbannya.

Selanjutnya, dalam melancarkan aksinya, Gilang kemudian meminta korbannya untuk membungkus diri dengan lakban dan kain jarik menyerupai ‘pocong’ dengan alasan kepentingan penelitian., dengan kedok ia sedang melakukan penelitian.

Pihak Dekanat FIB Unair telah melakukan sidang komisi etik untuk menindaklanjuti dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Gilang. jika aksi pelecehan itu benar dan terbukti, maka fakultas akan mengambil tindakan tegas terhadap Gilang, yakni DO.

Selain itu, pihak Unair juga akan menyerahkan proses hukum sepenuhnya ke kepolisian jika terbukti melanggar pidana.

2. Sapi Limosin

Sapi limosin menjadi salah satu pembicaraan Publik dan netizen di Minggu pertama Agustus 2020. Dengan bobotnya yang mencapai 1 ton, sapi ini menjadi hewan kurban favorit pesohor tanah air.

walaupun harganya paling mahal. Penampakan dan postur sapi limosin memang berbeda dibanding sapi lokal asli Indonesia lainnya. Warna bulunya merah kecokelatan dengan bagian-bagian tubuh padat penuh daging, dan terlihat sangat berotot.

Bobot sapi limosin ini memang jauh berbeda dengan sapi lainnya, mulai dari ratusan kilogram (kg) sampai 1 ton. Tak heran, harganya hampir menyamai mobil merek Toyota Innova.

Sapi ini keturunan boss taurus asal Eropa ini tergolong sapi dwi fungsi, yaitu bisa sebagai sapi potong dan sapi perah yang diambil susunya. Namun awalnya dikembangkan pertama kali di Perancis Tengah sebagai sapi pekerja hingga akhirnya menjadi sapi pedaging.

BACA JUGA: Daging Kurban Baik untuk Kesehatan Mental 

3. Idul Adha 2020

Perayaan Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7 ) di sambut hangat oleh Umat muslim dan warganet di media sosia memasuki minggu pertama Agustus 2020l.

Momen Idul Adha biasanya dilengkapi berbagai hidangan olahan daging usai melaksanakan pemotongan hewan kurban. Jadi gak heran kalau netizen banyak mencari resep-resep mengolah daging, salah satunya resep gulai kambing.

Idul Adha tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah situasi pandemi. Karenanya, banyak juga yang saling mengingatkan agar disiplin menjalankan protokol kesehatan dan saling mendoakan agar selalu sehat.

Tak hanya itu, public dan netizen di Hari Idul Adha banyak yang berharap agar pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda Indonesia dan hampir seluruh negara di dunia bisa segera berakhir.

4. Ikan Tiger Fish

Di Minggu pertama Agustus 2020 publik dan netizen ramai membahas jenis ikan hias Tiger Fish atau Ikan elang .yang memiliki harga jual cukup tinggi,

Tiger fish bukan sembarang ikan hias biasa. Harga perekornya bisa mencapai 250 ribu hingga jutaan rupiah. Makin bagus coraknya, makin meroket pula harganya dipasaran.

ikan elang dijual dengan harga Rp 25.000 untuk ukuran 1 cm. Jika ukurannya mencapai 10 cm, maka harganya Rp 250.000.

Harga tersebut bisa lebih tinggi lagi jika ikan yang dijual memiliki corak atau bentuk yang bagus, tidak kurang dari Rp 1 juta. Bahkan, ada yang pernah menjual ikan elang sebesar 15 cm dengan harga Rp 25 juta. Sebagian besar pembeli ikan ini berasal dari Jakarta, dan akan diekspor lagi ke Vietnam.

Lantaran itulah kini masyarakat tengah berbondong-bondong berburu cuan dari ikan jenis hias ini. Namun untuk menangkap ikan elang cukup sulit. Kendati jaring sudah terbentang, belum tentu ikan yang diinginkan terperangkap.

Sebab biasanya Kalau ikan sudah dapat jaring yang melekat pada ikan akan dipotong, karena ikan tidak boleh cacat,

BACA JUGA: Waspada! Cuaca dan Suhu Udara Panas Punya Dampak Bagi Kesehatan 

5. Suhu Dingin

Di Minggu pertama Agustus 2020, Media sosial belakangan ini diramaikan dengan topik perihal suhu dingin di sejumlah daerah pada malam dani pagi hari.

Pembahasan terkait suhu dingin tersebut semakin kentara pasca-munculnya embun es di Dataran Tinggi Dieng. Sejumlah warganet pun mengungkapkan fenomena suhu dingin di sejumlah wilayah tersebut.

Kendati demikian, fenomena suhu udara dingin merupakan kondisi alamiah yang biasa terjadi hampir setiap tahun. BMKG menjelaskan, daerah yang mengalami suhu lebih dingin saat ini adalah daerah-daerah yang sudah memasuki musim kemarau.

Fenomena suhu dingin tersebut diprediksi akan berlangsung hingga akhir musim kemarau yakni akhir September hingga awal Oktober 2020 untuk di Pulau Jawa.. (Sbg/Rig)

Comments