Malaka

Sabigaju.com – Pernahkah kamu berkunjung ke suatu destinasi, dan merasa tertambat hatinya, sehingga berkeinginan untuk datang berkali-kali?

Pengalaman menarik yang menghipnotis tersebut bisa kamu temukan di Malaka, sebuah kota Malaysia yang dikenal sebagai pusat perdagangan global di era abad penjelajahan.

Malaka akan membuat kamu jatuh cinta, dengan perpaduan unik dari bangunan kuno dan kehidupan modern, di samping pemandangan yang memukau.

Malaka adalah tujuan wisata terkenal dengan warisan budaya yang kaya, yang berasal dari perpaduan pemerintahan kolonial Portugis, Belanda dan Inggris.

Budaya tradisional dijalankan oleh Baba dan Nyonya yang merupakan keturunan dari delegasi Dinasti Ming dari China, di mana mereka beremigrasi dari Tiongkok dan menetap di sini.

Dengan karakternya yang kaya akan sejarah, lantas, apa yang harus dilakukan di Malaka? Daripada bimbang, pesan tiket pesawat Lion Air sekarang dan nikmatilah dengan sepenuh hati tujuh destinasi paling recommended  di Malaka berikut:

1. Malacca Jonker Street

Jonker Street adalah pusat Chinatown dan ini adalah pasar yang sangat besar, tempat kamu dapat membeli semuanya!

Dengan sejarah yang kaya, Jonker Street adalah tempat yang menyenangkan untuk berjalan-jalan.Bahkan selama hari kerja yang sibuk, Jalan ini penuh sesak dengan orang-orang dan hal-hal menarik untuk dilihat dan dibeli.

Malaka
(Foto: Instagram/dylan_jh23)

BACA JUGA: Empat Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Liburan di Musim Hujan

Jangan lewatkan Jonker Walk Night Market, yang turut menghadirkan live music, beragam kios dagangan menarik, dan berbagai penawaran unik lainnya.

Di kawasan ini juga, kamu akan menemukan Baba Nyonya Heritage Museum dari Abad ke-19, Hard Rock Café yang terletak di sisi Sungai Malaka, Mamee Jonker House untuk wisata keluarga, dan Perpustakaan Jonker Street yang didekorasi dengan perabotan China tradisional.

2. Baba Nyonya Heritage Museum

Museum yang sangat hidup ini didirikan pada tahun 1896 dan dulu merupakan rumah keluarga bagi keluarga Baba Chan.

Bangunan warisan ini adalah perpaduan unik dari budaya, negara-negara timur dan barat dan menggambarkan gaya hidup Peranakan di akhir abad ke-19. Desain asli dipengaruhi oleh arsitektur Eropa dan tradisi dan sejarah Timur.

Malaka
(Foto: Facebook/The Baba & Nyonya Heritage Museum)

BACA JUGA: Aktivitas Liburan Lebih Membahagiakan Ketimbang Pernikahan

Museum ini menunjukkan sisi kaya Malaka, dan di sana kamu dapat merasakan dan menyentuh masa lalu.

Selain itu, museum ini memiliki panduan yang sangat bagus dan program yang menarik. Seperti banyak wisatawan mengatakan: “Baba Nyonya Heritage Museum adalah salah satu atraksi utama di Malaka yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.”

3. Cheng Hoon Temple

Salah satu destinasi paling terkenal di Malaka ini terletak di Jonker Street, dan dibangun pada 1646 silam.

Malaka
(Foto: Instagram/ infomiss)

Kuil Cina kuno ini dianggap sebagai tempat ibadah Budha tertua di Malaysia. Kuil ini didedikasikan untuk Dewi Belas Kasih (Kuan Yin).

Bangunan itu dirancang oleh menantu Kapten Li, kapten kedua Cina Malaka. Oleh para turis, kuil  ini dikenal sebagai harta karun Malaka, tempat yang harus kamu lihat, dan warisan peninggalan sejarah yang sangat berharga.

4. Gereja St. Paul Malaka

Gereja St Paul adalah tujuan wisata terpopuler di Malaka, yang kaya akan nilai sejarah dan budaya,

Saat ini fisiknya merupakan reruntuhan gereja kuno, di mana dibangun pada tahun 1521 silam,  dan terletak di puncak Bukit St. Paul.  Gereja ini adalah bagian dari Kompleks Museum Malaka.

Malaka
(Foto: Instagram/connie1491491)

Di dalam Gereja ini terdapat sebuah Patung marmer St. Francis Xavier (dibangun tahun 1953), yang  memiliki satu lengan.

Legenda menceritakan bahwa ketika misionaris yang paling terkenal akan dikanonisasi pada tahun 1614, Vatikan menuntut lengan kanan tersebut, yang digunakan oleh Paus untuk pemberkatan.

Jadi mereka memotongnya dan darah muncul bahkan setelah kematiannya. Entah benar atau tidak, yang pasti kisah tersebut telah begitu melegenda.

5. Christ Church Melaka

Gereja ini dibangun oleh Belanda, ketika mereka menguasai kota dagang utama di Semenanjung Melayu itu.

Ini merupakan struktur bangunan yang paling terkenal di Malaka, dan juga paling mudah dikenali oleh para turis.

Fasad bangunan berlapis bata merah dengan salib putih besar di atasnya sangatlah terkenal di seluruh dunia.

Malaka

(Foto: Insdtagram/bibi_traveler)

BACA JUGA: Inilah Durasi Waktu Liburan yang Paling Ideal

Gereja ini terletak di Church Street, dekat dengan pusat Pecinan Malaka. Christ Church terletak di seberang jembatan dari Jonker Street dan itu hampir menjadi pemandangan paling populer di daerah Stadhuys.

Dekat dengan Gereja adalah dua museum, jadi kamu bisa mengunjungi tiga tempat dalam waktu singkat.

Tempat yang damai dan bersejarah ini menyambut semua orang, yang ingin menghabiskan satu hari dalam harmoni dan melihat sejarah dengan matanya sendiri.

Comments