Minum Bir

Sabigaju.com – Kala akhir pekan tiba adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk sejenak melupakan masalah pekerjaan dan menikmati hari libur bersama keluarga atau teman.

Nah bagi kebanyakan pria biasanya saat akhir pekan adalah waktu yang tepat buat kongkow alias nongkrong bersama teman temannya untuk minum bir.

Banyak orang yang punya anggapan buruk pada bir. Padahal, sebenarnya, inti pembuatan bir tidak ditujukan untuk mabuk-mabukan, melainkan sebagai minuman obat.

Nah Kali ini Sabigaju mau kasih informasi buat kamu sekalian bahwa hobi minum bir punya banyak manfaat buat kesehatan. Berikut ulasannya :

Baca Juga:

1. Minum Bir Bisa membuat Bahagia

Dikutip dari laman Daily Mail, para ilmuwan mempelajari 13.000 molekul makanan dan menemukan satu di malted barley (bahan utama dalam bir) yang mengantar ke reseptor dopamin di otak, hingga mampu membuat orang merasa bahagia.

Molekul yang disebut hordenine ini memengaruhi pengambilan keputusan, serta menunjukkan mengapa tak jarang peminum tidak dapat berhenti setelah satu gelas pertama.

2. Melindungi Otak

Beberapa penelitian terdahulu juga telah mengungkapkan manfaat bir bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk melindungi otak. Senyawa dalam bir dapat melindungi manusia dari serangan penyakit alzheimer dan parkinson.

Kesimpulan itu merupakan hasil sebuah studi yang dilansir dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry.

3. Manfaat Bir untuk Rambut manusia

Bir memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan rambut kamu. Bir mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang merangsang pertumbuhan rambut. Selain silika, bir juga mengandung tembaga, fosfor, besi, magnesium, dan vitamin B yang membantu pertumbuhan rambut.

Selain itu kandungan alkohol dalam bir membuatnya bertindak sebagai pembersih yang alami. Selain meninggalkan Anda dengan kulit kepala yang sehat, minuman beralkohol ini juga dapat mengusir ketombe dan rasa gatal di kepala.

4. Minum Bir Bisa Mencegah Osteoporosis

Dalam sebuah penelitian disebutkan, kandungan silikon pada bir berguna untuk membantu mendorong pertumbuhan tulang serta jaringan. Kandungan dalam bir juga dipercaya dapat mencegah penyakit yang merusak tulang seperti halnya osteoporosis.

Selain itu bahan utama pada bir yaitu xanthumol juga bisa mengurangi kemungkinan resistensi insulin dan merupakan kabar baik untuk para penderita diabetes.

5. Meningkatkan Gairah Seks

Dalam bukunya, The Married Sex Solution: A Realistic Guide to Saving Your Sex Life, seksolog klinis Kat van Kirk, Ph.D., mengatakan bahwa bir dapat membuat lelaki lebih tahan lama di ranjang.

Beberapa penelitian memang telah menunjukkan bahwa orang yang hobi minum bir ringan sampai sedang, bisa mendapatkan berbagai manfaat mulai dari manfaat fitoestrogen, atau estrogen yang terjadi secara alami dan membantu menunda ejakulasi.

 

Walau memiliki begitu banyak manfaat, namun, tentu saja, minum bir secara berlebihan juga bisa membuat peminumnya mabuk serta menimbulkan efek negatif lain seperti penyakit hati, tekanan darah tinggi dan tinggi kalori. (Sbg/Rig)

Comments