Berbicara tentang kuliner khas Indonesia memang takkan pernah ada habisnya. Selain bahan baku dan cara memasak, bumbu yang digunakan pun bisa menjadi ciri khas tersendiri dari sebuah menu. Nah, kali ini Sabigaju akan membahas tentang ragam kuliner khas Indonesia yang berbumbu kacang.

Ya, salah satu bumbu yang identik dengan makanan Indonesia adalah bumbu kacang. Sejarahnya, bumbu kacang ini diperkenalkan oleh seorang pedagang Portugis dan Spanyol pada abad ke-16. Bumbu ini pun menjadi populer, terlebih didukung dengan tumbuh suburnya kacang tanah di iklim tropis Indonesia.

Apa kamu termasuk salah satu penggemar kuliner khas Indonesia yang berbumbu kacang, Sobat Sabi? Dari kelima kuliner berbumbu kacang yang populer ini, mana favoritmu?

Ketoprak

Ketoprak adalah kuliner khas Jakarta. Isinya bihun, ketupat, tahu, taoge, lengkap dengan tambahan kerupuk dan kecap sebagai pelengkap bumbu kacang yang nikmat.

Gado-Gado
Foto: The Jakarta Post

Gado-gado juga merupakan salah satu makanan yang berasal dari budaya Betawi. Bisa dibilang, gado-gado adalah salad lokal karena sebagian besar isiannya memang berupa sayuran.

Pecel
Foto: Resepdanmakanan.com

Makanan berbumbu kacang yang satu ini populer di wilayah DI Yogyakarta, Jara Tengah, dan Jawa Timur. Tapi bisa dengan mudah ditemukan juga di wilayah Jawa Barat maupun DKI Jakata. Sayuran yang umumnya menjadi bagian dari pecel antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi.

Karedok
Foto: resepkokidotid

Makanan yang satu ini hampir serupa dengan gado-gado. Bedanya, sayuran yang disajikan dalam karedok merupakan sayuran mentah.

 Tahu gimbal
Foto: iradiofm

Makanan khas Semarang ini terdiri dari tahu goreng, kubis,lontong,taoge, telur, gimbal, dan bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Kalau kamu belum tahu, gimbal yang dimaksud di sini adalah udah yang digoreng dengan tepung.

Ayo, mana makanan kesukaanmu yang paling menggiurkan? (sbg/Fitri)

Comments