Sabigaju.com – Cara paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga secara teratur. Namun aktivitas yang padat seringkali menjadi alasan banyak orang untuk tidak berolahraga.

Dan jika sudah begini Anda pun jadi rugi dua kali: tidak mendapatkan manfaat dari olahraga dan hanya membuang uang apabila sudah membayar sebagai gym member.

Untuk berolahraga tidak harus di pusat kebugaran, lapangan atau di tempat khusus untuk berolahraga lainnya. Ya, di manapun kamu tetap bisa berolahraga meski sekedar untuk mencari keringat, membakar kalori. Bahkan anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

Kali ini sabigaju mau kasih info tentang beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah sendiri

1. Jogging

Jogging adalah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dirumah. (Foto: Pixabay)
Jogging adalah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dirumah. (Foto: Pixabay)

Salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah sendiri adalah dengan melakukan jogging.

Tapi Melakukan jogging tidak harus selalu dilakukan di luar rumah meski olahraga ini memang identik dilakukan di jalan atau taman.

Kamu juga tetap bisa melakukan jogging di dalam rumah seperti mengelilingi area rumah atau melangkahkan kaki secara perlahan di depan televisi sambil mendengarkan musik. Kata kuncinya adalah pastikan bahwa Anda terus bergerak sehingga berkeringat saat melakukannya.

2. Squat Jump adalah olahraga yang bisa di lakukan di rumah sendiri

Squat termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukakan di rumah. (Foto: Pixabay)
Squat termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukakan di rumah. (Foto: Pixabay)

Kegiatan lain  dari jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah sendiri adalah dengan melakukan Squat Jump. Agar latihan lebih terasa menantang, tahan posisi jongkok beberapa detik sebelum Anda berdiri lagi. Lakukan gerakan squat sebanyak 10 kali dalam setiap sesi.

Latihan ini adalah memusatkan pembentukan otot kaki, terutama pada betis. Latihan ini terbilang sangat mudah karena Anda hanya tinggal berdiri dan jongkok kemudian berdiri lagi sambil melompat dan melakukannya secara berulang.

Supaya olahraga di rumah bisa maksimal, pilih area terbaik di rumah yang menurut Anda paling nyaman untuk melakukannya dan pastikan ruangan tersebut memiliki cukup ruang yang lapang tanpa ada benda yang mengganggu. Dan agar la tihan Anda di rumah efektif kuncinya adalah disiplin dan jika perlu pilih hari dan waktu tertentu untuk sesi latihan.

3. Naik Turun Tangga

Meskipun gerakan ini terlihat sederhana, namun ternyata naik turun tangga memiliki manfaat yang luar biasa.

Anda bisa melakukannya di tangga maupun dengan kursi. Lakukan gerakan ini dengan maksimal untuk memperkuat otot dan tulang kaki sekaligus membakar lemak.4. Angkat Beban.

Selain hemat kegiatan ini  merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dirumah.

4. Angkat Beban

Botol air yang sudah tidak terpakai dapayt diubah menjadi alat bantu olahraga yang bisa dilakukan dirumah. (Foto Pixabay)
Botol air yang sudah tidak terpakai dapayt diubah menjadi alat bantu olahraga yang bisa dilakukan dirumah. (Foto Pixabay)

Untuk olahraga mengangkat beban tidak harus menggunakan dumbbell atau barbel yang biasanya terdapat di pusat kebugaran.

Manfaatkan peralatan yang bisa didapatkan sekitar rumah seperti jerigen air, makanan kaleng, atau buat dumbbell dari sisa botol air minuman plastik yang tidak terpakai.

Selain air Anda juga bisa masukkan kerikil atau pasir di dalamnya.

5. Yoga

Yoga termasuk kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. (Foto: Pixabay)
Yoga termasuk kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. (Foto: Pixabay)

Yoga adalah  salah satu olahraga yang bisa dilakukan dirumah. Dengan rutin melakukan yoga, kamu bisa mengurangi stres dan membuat tubuh bisa merasa lebih rileks, bahkan yoga baik untuk menurunkan berat badan.

Walau bisa dilakukan dirumah, namun, disarankan agar kamu mempersiapkan peralatan pendukung yoga.

Ingat, memulai yoga di rumah pertama kali mungkin nggak mudah dan gerakanmu nggak sempurna.Tapi bukan berarti kamu langsung menyerah dan nggak konsisten melakukannya. Untuk mengatasi kebosanan, kamu bisa membuat suasana baru dengan mengajak anggota keluarga lain untuk melakukan yoga bersama di rumah. Selamat mencoba!

Comments