Sabigaju.com – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, setiap orang berbondong-bondong menjalankan ritualnya masing-masing. Bagi para pebisnis yang memiliki merek dagang, momen Ramadhan tentunya jadi kesempatan spesial untuk menyampaikan pesan tematik.

Salah satu langkah penyebaran pesan tematik mereka adalah melalui iklan bertema Ramadhan menjelang datangnya bulan suci. Berikut beberapa iklan sepanjang masa yang memberikan kesan menyentuh bagi audiensnya di kala Ramadhan tiba.

1. Teh Botol Sosro Ramadhan

Teh Botol Sosro mengangkat tema kepedulian sosial dalam iklan Ramadhannya. Diceritakan sepasang muda-mudi ingin berbagi kebahagiaan dan berkah bulan suci dengan anak jalanan. Niatan baik mereka didukung oleh adanya pedagang Teh Botol Sosro yang akhirnya laris jualannya diborong oleh pasangan ini. Adapun minuman yang habis dibeli diceritakan dibagi untuk para anak jalanan dan dinikmati bersama dengan pasangan tersebut.

2. Unilever Pure It Ramadhan

Masih di suasana Ramadhan dan Lebaran, merek Univeler Pure It merilis iklan yang berkonsep testimonial seorang OB di kantoran. Tersentuh oleh hadiah dari boss-nya berupa produk filter air, OB ini menceritakan sudut pandan seorang perantau tentang spesialnya bulan Ramadhan. Terlepas dari ceritanya yang menyentuh, model dalam iklan ini juga sedap di pandang, terutama saat bulan Ramadhan tiba.

3. Line Indonesia Ramadhan

BACA JUGA: BTS Jadi Bintang Iklan Terbaru Coca-Cola untuk Piala Dunia

Tidak ada yang lebih menyentuh dari kisah keluarga dan hubungan anggota di dalamnya. Line Indonesia paham akan emosional yang ingin ditimbulkan, mereka merilis cerita singkat perjuangan seorang ayah untuk melihat anaknya lahir. Lewat fitur yang ingin ditampilkan, Line Indonesia konon membuat beberapa mata basah karena tangis haru dan rindu. Salut untuk Line Indonesia yang mengemas cerita sedemikian dekat dengan audiensnya.

4. Ramayana Ramadhan

Bahagianya adalah Bahagiaku merupakan judul dari iklan ini. Dengan durasi yang agak panjang, penonton sempat bingung di awal cerita iklan ini. Namun menjelang akhir, baru diungkap kisah penjelasnya dan sungguh mengharukan karena menggambarkan kekuatan seorang anak menghadapi orang tuanya. Wajib ditonton sebagai hiburan karena durasinya yang relatif lama, dan penempatan merek Ramayana yang sangat minim.

5. Mie Sedaap Ramadhan 2009

Iklan lawas ini tetap jadi kesukaan karena ceritanya yang singkat namun terasa begitu nyata dan menyentuh. Sang pemuda yang kehilangan dompetnya ditolong oleh pedagang mie instant, dan membalas budinya sekian tahun kemudian. Mie Sedaap hadir sebagai penghubung antara kebaikan dan ketulusan hati dua peran di iklan ini. Cerita yang simpel namun ditampilkan di momen Ramadhan, membuat penonton terinsiprasi untuk selalu berbagi dan berbuat baik kepada sesama.

Dengan tema besar berbagi, kebersamaan, dan bersabar, iklan di musim Ramadhan memang selalu menarik untuk dinanti. Di tengah kerasnya perjuangan media massa menarik penonton televisi, iklan-iklan Ramadhan ini termasuk yang belum mati hingga sekarang. Kalau kamu sendiri, iklan Ramadhan mana favoritmu dari dulu hingga kini? (sbg/Novel)

Comments