Kesehatan Otak
(Foto: CBS Boston)

Sabigaju.com – Ada sejumlah Hal berupa aktivitas simpel seperti: Membaca, menulis, tidur, dan mendengarkan musik, tak dipungkiri akan menstimulasi kesehatan otak kita dengan jauh lebih baik lagi.

Dan tentunya keadaan otak yang sehat dan optimal, akan membuat hidup kita jauh menjadi lebih baik.

Namun faktanya, tidak semua aktivitas simpel yang kita lakukan, baik untuk kesehatan otak.  Buktinya, ada sejumlah aktivitas simpel yang bisa membuat kondisi kesehatan otak kita menjadi memburuk loh!

BACA JUGA: Menyorot Kondisi Mental Illness yang Dialami Joker 

Mengkonsumsi yang Manis-Manis

Memang, mengkonsumsi kuliner baik makanan dan minuman yang manis-manis bisa memberikan energi yang signifikan ke tubuh kita.

Namun nyatanya di saat yang bersamaan, konsumsi manis-manis seperti ini juga bisa mengganggu  kondisi kesehatan otak kita.

Kesehatan Otak
(Foto: Pexels)

Hal ini dikarenakan ketika kita memakan yang manis-manis, otomatis tubuh kita “terjejali” dengan zat insulin yang sangat tinggi.

Nah, kalau  jumlah insulin sudah sangat tinggi dan menumpuk banget,kesehatan otak kita akan mulai mengalami gangguan di bagian memori.

Bahkan kalau sudah parah banget, lama-kelamaan, kita akan mengalami dementia dini loh! Jadi, kurang-kurangi konsumsi manis-manisnya ya guys!

BACA JUGA: Sederet Bahaya Mengintai Orang yang Terlalu Sibuk

Menjelajahi Satu Kota Selama Berjam-jam

Berjalan menjelajahi salah satu lokasi atau spesifiknya berkeliling kota, tak dipungkiri merupakan aktivitas yang tidak hanya membuat badan sehat namun juga, membuat diri menjadi lebih fresh lagi.

Walau demikian ironisnya, di saat yang sama kegiatan ini mengganggu kesehatan otak kita terutama pada bagian memori.

Kesehatan Otak
(Foto: Pexels)

Jadi suatu ketika dilakukan percobaan sederhana dimana terdapat dua grup. Grup pertama, diharuskan menjelajahi satu kota selama 1 jam lamanya. Sedangkan grup lainnya diharuskan berjalan selama 1 jam juga namun, di sekitar taman terdekat saja.

Setelah percobaan selesai, terbukti bahwa grup yang menjelajahi 1 kota selama 1 jam lamanya, memiliki pengurangan memori dan konsentrasi yang lumayan signifikan. Sedangkan mereka yang berjalan 1 jam di sekitar taman, tidak ditemukan masalah sama sekali.

BACA JUGA:  Sifat dan Kepribadian Para Cowok yang Hobi memelihara Hewan 

Membersihkan Kotoran Kucing

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan bagi kita-kita yang memiliki kucing, tentunya adalah membersihkan kotoran hajatnya.

Namun tahukah kamu? Bahwa aktivitas ini sebenarnya sangat merugikan otak dan tubuh kita?Setelah diusut, faktanya kotoran kucing mengandung berbagai parasit yang sangat berbahaya.

Kesehatan Otak
(Foto: Unsplash)

Nah,  aktivitas ini bisa membuat kita terkena Toxoplasmosis. Memang di beberapa kasus, penyakit ini tidaklah terlalu parah. Namun di beberapa kasus lain, aktivitas ini bisa mengganggu kesehatan otak kita dan bisa menyebabkan menjadi rusak (brain damage).

Terlebih apabila yang terkena adalah wanita yang sedang hamil. Bayi yang terlahir dari wanita penderita Toxoplasmosis, umumnya akan mengalami kebutaan atau kerusakan otak. Mengapa bisa sampai membahayakan seperti ini?

BACA JUGA: Mana yang Lebih Bahagia, Menjadi Ayah atau Ibu?

Mendengar Tangisan Bayi

Ya memang sih. Siapa yang suka mendengar suara tangisan bayi? Apalagi jika tangisannya sangat “merdu”. Waduh pusing deh rasanya.

Dan faktanya setelah diteliti, suara tangisan bayi juga bisa memberikan bahaya yang lebih jauh lagi daripada hanya sekedar pusing saja.

Kesehatan Otak
(Foto: Unsplash)

Suara tangisan bayi setelah diteliti secara seksama oleh para ahli, juga bisa menyebabkan keadaan emosi yang sangat tidak stabil.

Dan apabila dibiarkan, hal ini akan menyebabkan stres berkepanjangan yang alhasil apabila terus didiamkan, secara perlahan, akan mengganggu kesehatan otak bahkan bisa menjadi rusak parah.

BACA JUGA: Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi, Perhatikan Ambang Batasnya

Minum Kopi

“APA?” Ya kami mengerti apabila kamu-kamu langsung terkejut bak sinetron tersebut. Tapi faktanya, aktivitas untuk “menghidupkan” seluruh sistem tubuh kita di pagi hari ini, sangatlah membahayakan.

(Foto: Pexels)

Spesifiknya, apabila kita dalam seharinya meminum kopi lebih dari 5 cangkir, kita bisa berhalusinasi hebat. Hal itu tentunya tidak baik untuk kesehatan otak.

Kita merasa seperti mendengar atau bahkan melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada sama sekali. Solusinya? Ya minumlah kopi maksimal 2 cangkir saja dalam sehari. Gampang kan? (Sbg/Rig)

Comments