Kejenuhan dan stres
Ada banyak cara simple yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan dan stres yang menghinggapimu saat di kantor. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Selaku pekerja, kita tentunya pernah mengalami kejenuhan dan stres, saat bekerja dikantor.

Tak jarang, kita dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas dan sempurna. Belum selesai di satu tugas, kamu sudah diharuskan menyelesaikan pekerjaan lain yang juga tak kalah penting.

Ya, begitulah kehidupan kerja yang memang penuh tekanan. Tetapi, bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya.

Kali ini, Sabigaju mau bagi tips simpel buat kamu untuk mengatasi kejenuhan dan stres di kantor yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Datang Lebih Awal ke Kantor

Dengan datang lebih awal atau lebih pagi ke kantor cukup efektif menghalau jenuh dan stres. Saat tiba di kantor kamu bisa menghirup udara segar di pagi hari dan terhindar dari jalanan yang macet.

Dengan datang lebih awal, kamu juga punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri sebelum mulai bekerja. Dengan pagi yang lebih tenang dan stabil, tekanan di lingkungan kerja menjadi tak lagi terlalu berpengaruh.

2. Dengarkan Musik Favoritmu

Cara simpel lainnya untuk mengusir kejenuhan dan stress adalah dengan mendengarkan lagu favoritmu. Ingat! Musik bisa membangkitkan semangat kerjamu.

Pilih lagu yang sesuai dengan seleramu. Dengan mendengarkan lagu-lagu favorit, maka lambat laun akan membuat mood kamu kembali membaik.

Atau kamu bisa cari lagu-lagu yang Anda suka di internet atau YouTube atau hanya sekadar mendengarkan musik dari saluran radio online.

3. Maksimalkan Waktu Istirahat Membantu Mengatasi Kejenuhan dan Stres

Banyak orang yang mengabaikan jam istirahat padahal sudah waktunya istirahat dan jam makan siang. Ingat, pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya.

Karena dengan tetap bekerja saat jam istirahat bisa memicu kejenuhan dan stres. Jadi, tinggalkan pekerjaan ketika jam istirahat itu tiba.

Kamu bisa pergi keluar kantor pada jam istirahat untuk menikmati makanan favorit di sebuah resto yang nyaman. Sehingga kamu bisa mengusir rasa jenuh dan stres di tempat kerja. Gunakan waktu istirahat secara maksimal dan jangan biarkan pekerjaan membuat waktu istirahat jadi terganggu.

4. Berpikir Positif

Stres di kantor bisa jadi merupakan hasil dari pikiran negatif kamu sendiri. Pemikiran negatif harus selalu dibuang, entah seberat apa pun tugas yang kamu dapatkan.

Jika kamu terlalu fokus pada sisi negatif dari setiap situasi, kamu akan kehabisan energi. Berpikir positif akan membantu tubuh untuk menjaga tingkat energimu.

Fokuslah untuk mencari solusi kreatifnya. Lakukan sesuatu yang baru dan bervariasi agar kejenuhan dan stress bisa dihalau.

5. Liburan di Akhir Pekan

Akhir pekan yang singkat bisa dimanfaatkan untuk pergi liburan. Bukan masalah waktu yang akan kamu habiskan, tetapi kualitas dari liburan yang bisa membuat pikiranmu segar dan bisa lebih produktif saat bekerja.

Coba buatlah rencana liburan di akhir pekan yang singkat bersama teman atau keluarga. Cari tempat bagus yang tak terlalu jauh supaya waktu tidak habis di perjalanan. (Sbg/Rig)

Comments