Banyak mitos tentang rambut pria yang beredar. Namun, ya mitos sebenarnya hanyalah mitos. (Foto: Shttefan/Unsplash)

Sabigaju.com – Mitos bisa jadi misinformasi yang membahayakan. Gimana enggak, di kala orang pintar sibuk mencari kebenaran, kita malah percaya dengan mitos yang menyesatkan. Mitos juga enggak melulu soal cerita rakyat atau hantu, tapi juga soal organ tubuh manusia.

Salah satunya adalah mitos seputar rambut cowok. Banyak orang mengatakan bahwa mencukur rambut lebih sering juga akan membuatnya tumbuh lebih cepat. Atau ketika uban dicabut, maka uban lain akan tumbuh lebih banyak. Bener enggak sih? Cek dulu di sini, Sob.

1. Mencabut uban malah bikin uban lebih banyak

Uban. (Foto: manofmany.com)

Mitos soal “mencabut uban akan membuatnya justru lebih banyak” ternyata salah, Sob! Ini diterangkan langsung oleh Iain Sallis, seorang ahli rambut rontok dan direktur dari Hairmedic Clinic. Menurutnya, mencabut uban tak ada kaitannya dengan tumbuhnya uban lain di kepalamu.

“Kalau kamu mencabut rambut tak sampai pada akarnya, tentu rambut tersebut akan tumbuh kembali. Tapi tidak mungkin jadi lebih banyak,” kata Sallis.

2. Sering pakai topi bikin botak

Mitos topi bikin kamu botak. (Foto: John Hult/Unsplash)

Ini bisa hampir benar. Memakai topi terlalu sering dan sangat ketat bisa membuat rambut kamu rusak. Itu karena sirkulasi udara di kepala jadi terhambat. Tapi tenang aja, toh topi zaman sekarang didesain dengan sirkulasi udara yang baik kan? Misalnya aja ada bagian jaring di sisi belakangnya.

BACA JUGA: Prediksi Tren Model Rambut Pria dan Wanita di Tahun 2018

3. Sering mencukur rambut bikin rambut lebih cepat panjang

Mitos cukur rambut bikin rambut kamu panjang. (Foto: Hai Phung/Unsplash)

Faktanya, rambut adalah fiber protein. Kalau fiber ini masih produktif, maka rambut akan terus tumbuh. Dan, tak akan ada yang bisa menstimulasi fiber ini kecuali genetik dan gaya hidup kamu, misalnya saja kebiasaan makan sehat.

4. Kamu bisa ‘melatih’ rambutmu

Mitos nyisir bakal bikin rambut kamu nurut. (Foto: Marcelo Matarazzo/Unsplash)

Kalau kamu berpikiran bahwa rambut kamu akan nurut jika sering diblow, catok, atau sisir, kamu salah! Hal itu tidak akan mengubah rambutmu secara permanen.

5. Ketombe cuma kulit rambut kering

Ketombe ada bukan hanya karena kulit rambutmu kering. (Foto: healthline.com)

Ketombe sebetulnya disebabkan oleh mikroba yang terjadi secara alami bernama Malassezia Globosa. Asam oleat akan diproduksi jika mikroba ini mengurai minyak kulit kepala. Kalau kamu sensitif terhadap asam oleat, maka kamu akan mengalami iritasi dan gatal.

Di sinilah akhirnya sel kulit rambut bekerja lebih cepat dari biasanya. Kelebihan sel-sel kulit ini membentuk gumpalan hingga akhirnya menimbulkan ketombe.

Begitu Sob fakta sebenarnya. Jadi, jangan lekas percaya kalau ada informasi yang dirasa janggal ya. (Sbg/Dinda)

Comments