biasanya tak semua pegawai dapat langsung produktif bekerja. Mungkin saja mereka masih terbawa suasana libur Lebaran yang menyenangkan sehingga malas bekerja.
Umumnya tak semua pegawai dapat langsung produktif bekerja usai libur panjang. Terkadang mereka masih terbawa suasana libur Lebaran yang menyenangkan. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Libur panjang Lebaran bakal segera berakhir. Mayoritas pekerja pun akan kembali beraktivitas. Baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta akan masuk kerja kantoran usai menjalani libur Lebaran.

Namun, biasanya tak semua pegawai dapat langsung produktif bekerja. Mungkin saja mereka masih terbawa suasana libur Lebaran yang menyenangkan sehingga malas bekerja.

Tidak bisa dipungkiri, liburan memang kerap membuat seseorang enggan untuk kembali ke rutinitas sehari-hari untuk bekerja. Apalagi pada Lebaran kali ini. Libur yang mencapai satu pekan lebih.

Tapi, hal ini mau harus diatasi. Kalau tidak, kewajiban Anda sebagai pegawai bisa terganggu bahkan, bisa membahayakan karier. Nah, kali ini Sabigaju mau kasih tips buat kamu agar kembali menemukan semangat kerja usai libur Lebaran.

1. Tiba di Kantor Lebih Awal

Biasanya para Pekerja banyak yang tergoda untuk datang lebih siang dari waktu yang telah ditentukan karena masih terbelit rasa malas seusai libur panjang.

Namun sebaiknya, apabila memang bisa datang lebih awal, usahakan datang pagi dan mulai kerja terlebih dahulu dari rekan lain.

Dan jangan lupa berikanlah senyum hangat dan terlebar Anda kepada rekan kerja di hari pertama masuk kantor.

2. Mendengarkan Musik

Studi yang dilakukan pada tahun 2013 oleh University of Missouri mengungkapkan, mendengar musik bersemangat dapat mengembalikan minat Anda. Dengan begini, motivasi bekerja pun akan lebih terangkat.

Ada begitu banyak lagu yang bisa kamu masukan ke playlist untuk membuat harimu lebih produktif dan berenergi.

3. Olahraga

Cara efektif lain untuk menghancurkan sindrom malas ke kantor pasca liburan Lebaran adalah dengan melepaskan beberapa endorfin melalui aktivitas fisik.

Lakukan olahraga intensitas ringan seperti latihan kardio dan latihan beban. Dengan berolah raga tentunya aka menumbuhkan jiwa dan raga yang sehat.

4. Jaga Kesehatan

Usai liburan, sebaiknya kita kembali mengontrol pola makan dan memilih makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi, seperti salmo, alpukat, dan sayuran hijau. Selain itu, mengonsumsi blueberry dan teh hijau untuk membantu fungsi memori jangka panjang.

Oleh karena itu, jelang kembali menjalankan rutinitas kerja usahakanlah agar kamu menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat dan rileks. Caranya adalah dengan menjaga asupan nutrisi tubuh dan isitirahat yang cukup.

5. Rapikan meja dan Singkirkan si Pengalih

Salah satu hal yang bisa membuat malas untuk kembali bekerja adalah ketika Anda disambut dengan tumpukan dokumen, surat atau benda-benda lain yang tergeletak di atas meja. Segeralah rapikan agar tidak membuat Anda semakin penat dan malas bekerja

Foto-foto liburan memang menarik dan tak membosankan untuk terus dipandang. Tapi kalau Anda ingin segera kembali bekerja, segera tutup album foto liburan Anda. Bila perlu, tutup aplikasi media sosial agar kamu bisa lebih fokus bekerja.

Semoga artikel ini berguna untuk mengembalikan semangat kerja kamu usai libur panjang lebaran ya, Sob! (Sbg/Rig)

Comments