Beranda Lifestyle TRAVELING 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan Sebelum Solo Traveling Pertama Kali

5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan Sebelum Solo Traveling Pertama Kali

6 menit baca
0
0
55

Sebelum memulai perjalanan solo traveling pertama kali, simak lima hal yang perlu Sobat Sabi persiapkan. Pastikan tidak ada yang terlewat!

Sabigaju.com – Awalnya terdengar menyedihkan melakukan perjalanan jauh sendiri. Namun, selanjutnya kamu akan mendapatkan pelajaran yang tak terlupakan. Melakukan solo traveling pastinya akan menghadirkan pengalaman yang berbeda. Salah satunya adalah semua keputusan yang kamu buat selama perjalanan merupakan keputusan diri sendiri. Tak ada intervensi kelompok atau pun teman seperti saat traveling bersama keluarga hingga sahabat. Justru karena itu, Sobat Sabi akan memaknai perjalanan ini menjadi lebih spesial dan tak jarang menghadirkan momen hingga pelajaran yang tidak terlupakan.

Solo traveling memang direkomendasikan untuk kamu coba. Pasalnya, pengalaman solo traveling akan membantumu mengenal diri sendiri dan mengajarkan bagaimana bertahan hidup sendiri di negara atau kota yang jauh dari tempat tinggalmu. Setelah mantap dan membeli tiket perjalanan, berikut ini lima hal yang perlu kamu persiapkan untuk solo traveling perdana kamu. Karena ini kali pertama, jadi ada baiknya kamu mengikuti tips-tips berikut ini!

Segera buat itinerary

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat memutuskan untuk solo traveling pertama kali adalah membuat itinerary. Itinerary memang sebaiknya dibuat sebelum kamu memutuskan akan menginap di hotel atau AirBnB mana. Dengan membuat itinerary kamu akan lebih mudah memilih tempat menginap. Karena perjalanan ini kamu lakukan sendiri, tak ada salahnya mencoba menginap di hostel atau AirBnB untuk merasakan pengalaman baru berkenalan dengan turis dari berbagai penjuru dunia.

Bawa barang secukupnya

Saat melakukan perjalanan seorang diri, sebaiknya Sobat Sabi tidak menambah beban dengan membawa barang berlebihan. Misalnya baju, pikirkan matang-matang agar tak terlalu banyak outfit yang kamu bawa. Soalnya, membawa barang terlalu banyak hanya akan merepotkanmu. Apalagi bila tujuan solo travelingmu seperti Jepang atau Singapura. Kedua negara ini memang modern, tetapi kamu dituntut untuk jalan kaki cukup jauh dan jalan menuju stasiun pun seringkali naik turun tangga. Tak mau ribet dengan koper super beratmu kan?

Membawa barang kurang justru lebih baik karena kamu bisa membelinya di kota tujuanmu. Asalkan yang kurang bukan obat-obat pribadimu!

Persiapan sebelum kamu memutuskan untuk solo traveling. (Foto: Unsplash)

BACA JUGA: Tiga Agen Tour Trip Traveling Murah Bikin Liburan Sumingrah

Jangan malas riset

Setiap kota atau negara memiliki aturannya masing-masing. Jadi, sebelum memulai perjalanan seorang diri, Sobat Sabi sangat disarankan untuk riset segala macam yang berhubungan dengan kota atau negara tujuan. Tidak melakukan kesalahan sama sekali saat perjalanan memang mustahil, tetapi menghindari atau mencegahnya bukan hal yang tidak mungkin. Oleh karena itu, jangan malas riset tentang sistem transportasi di sana, tentang layanan internet di negara atau kota yang dituju, hingga tentang cara berkomunikasi dengan orang-orang lokal. Saat melakukan solo traveling, bantuan warga lokal bisa jadi penyelamat saat kamu melakukan kesalahan.

Mini tripod adalah kunci

Mengandalkan bangku taman hingga bantuan orang asing untuk mengambil foto saat melakukan solo traveling memang bisa kamu pilih. Tapi, membawa mini tripod akan memudahkanmu untuk mendapatkan foto cantik kapan pun dan di mana pun tanpa perlu bantuan orang lain. Oleh karena itu, mini tripod wajib untuk kamu bawa dalam solo traveling pertama kali ini.

Jangan sepelekan obat-obatan pribadi

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama kamu melakukan solo traveling. Sesehat apa pun dirimu, sebaiknya tetap jangan sepelekan obat-obatan pribadi. Bila tidak memiliki keluhan kesehatan yang berarti, maka bawalah obat sakit kepala, vitamin C, minyak angin, obat merah, perban, dan antiseptik. Terkadang kondisi kota yang berbeda atau terlalu lelah bisa memicu sakit kepala.

Bila kelima hal di atas sudah kamu lakukan, maka Sobat Sabi tak perlu ragu lagi untuk memulai solo traveling. Jangan lupa, untuk membeli paket internet agar kamu tetap bisa mengabarkan kondisi terkini bila terjadi hal-hal di luar perkiraan atau hal yang tidak diinginkan. Selamat menyiapkan solo traveling pertama kali versimu! (sbg/Erny)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Nico
Tampilkan Lebih Banyak Dalam TRAVELING
Komentar ditutup

Lihat juga

Menikmati Lubang Misteri dan Jacuzzi di Reach Falls Jamaika

Sabigaju.com – Jamaika rupanya tak hanya populer dengan musik reggae-nya, dan negara…