Sabigaju.com – Film bertema cinta memang masih menarik untuk disaksikan. Namun memang, cerita cinta dalam film cinta kerap mengikuti perkembangan zaman. Meski berbeda alur cerita, namun tetap saja, film-film tersebut menjual makna cinta antara pasangan.

Sejak tahun 80-an, film bertema cinta sudah dianggap modern, dengan sajian cerita yang beragam. Balutan skenario yang tidak lagi berkutat pada romansa 'murahan' ditunjang dengan teknik pengambilan gambar yang mumpuni, memanjakan mata dan membuka hati untuk lebih mengenal makna cinta.

Berikut catatan 5 film bertema cinta yang fenomenal di Indonesia:

1. Gita Cinta dari SMA

Gita Cinta dari SMA (youtube)

Gita Cinta dari SMA adalah film Indonesia yang diproduksi pada tahun 1979 hasil karya sutradara Arizal dengan pemeran utamanya antara lain Rano Karno, Yessi Gusman, Ade Irawan, dan Adisoerya Abdi. Film ini bercerita tentang kisah cinta dua pelajar SMA yaitu Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman). Sayang cinta mereka tidak kesampaian karena ayah Ratna yang beretnis Jawa tidak menyetujui hubungan anaknya dengan Galih yang berasal dari Sunda.

2. Merpati Tak Pernah Ingkar Janji

Merpati Tak Pernah Ingkar Janji (youtube)

Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama karangan dari Mira W. Film bertema cinta ini diperankan Paramitha Rusady dan Adi Bing Slamet dan disutradarai Eddy Suhendro. Ceritanya tentang kisah cinta Maria dan Guntur yang terhalang oleh keinginan orangtua Maria agar anaknya itu menjadi biarawati.

3. Catatan si Boy

Film Catatan Si Boy (Youtube)

Film pertama diproduksi tahun 1987 dan disutradarai Nasri Cheppy. Film ini pula yang melambungkan nama Onky Alexander yang berperan sebagai Boy. Boy digambarkan sosok lelaki yang sempurna. Kisah cintanya dengan Vera yang diperankan Meriam Bellina menjadi bumbu yang sangat menarik untuk diikuti. Kesuksesan film ini membuat produser memproduksi empat sekuelnya, yakni tahun 1988, 1990, 1991 dan terakhir 2011.

4. Ada Apa dengan Cinta

Kisah Rangga dan Cinta yang diperankan secara apik oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo, kemudian menjadi barometer kisah cinta remaja di tahun 2002. Film besutan Rudi Soedjarwo ini kemudian menjadi fenomenal dan melambungkan nama Nicholas Saputra. Sekuel kisah Rangga dan Cinta kemudian dibuat tahun 2016 lalu.

5. Eifell I’m in Love

Selain Cinta dan Rangga, kisah cinta Tita dan Adit juga menjadi pembicaraan melalui film yang dibesut Nasri Cheppy itu. Film yang dirilis pada 21 November 2003 itu juga melambungkan nama Shandy Aulia dan Samuel Rizal.
Beberapa waktu lalu Akun Instagram Shandy Aulia menyebutkan bahwa sekuel film Eiffel I’m inlove akan segera diproduksi.

Nah, diantara film cinta fenomenal itu, mana yang jadi favoritmu?(Sbg /Nia)

Comments