Beranda SABIGAJU+ 5 Fakta Unik Pesepakbola yang Jarang Orang Tahu

5 Fakta Unik Pesepakbola yang Jarang Orang Tahu

6 menit baca
0
0
17

Sabigaju.com – Selain bertanding di lapangan rumput hijau nan megah, pesepakbola kelas dunia juga punya dunia lain di luar lapangan. Sebanyak 90 persen dari penampilan mereka dinilai dari 90 menit yang mereka habiskan di lapangan. Di luar lapangan, kehidupan mereka tidak terekspos terlalu banyak. Meskipun hampir semua pemain bola kini aktif di media sosial, tetap banyak hal yang tidak terlihat oleh publik. Berikut fakta unik yang tidak semua orang tau tentang seluk beluk pemain sepak bola kelas dunia.

Belajar Bahasa Asing

Karir berskala internasional mengakibatkan para pemain bola profesional harus berpindah-pindah negara. Berpindah-pindah ke negara yang berbeda, memaksa mereka belajar banyak hal baru di luar kemampuan sepak bola. Salah satu hal yang wajib adalah bahasa nasional di negara setempat. Ternyata para pemain sepak bola punya program bahasa yang diatur oleh manajemen mereka. Kurang lebih 8 jam selama seminggu, mereka menghabiskan waktu untuk menyerap pelajaran bahasa di negara yang sedang mereka tinggali. Ssstt.. Tahukah kamu? Pemain bola asal Brazil, Neymar Jr ternyata bisa bicara 5 bahasa!

Selebriti Cantik Sebagai Pasangan

3 dari 5 pesepakbola kelas dunia memacari atau menikahi selebriti dari berbagai industri. Mulai dari penyanyi, seperti Gerard Pique dan Shakira, beberapa pesepakbola juga mengencani supermodel internasional seperti Cristiano Ronaldo. Beberapa dari pasangan pesepakbola dan selebriti ini juga berkolaborasi dalam bidang komersil seperti David Beckham dan Victoria. Para pasangan ini juga kerap tampil bersama dan saling mendukung di acara masing-masing.

Dibayar Mahal Bahkan Saat Bengong

Pemain sepakbola di liga-liga besar seperti English Premier League dan La Liga Spanyol, mendapat gaji minimal GBP 676,000 per tahun. Angka yang setara dengan Rp 250 juta per pekan ini sama dengan Rp 36 juta per hari. Ini artinya, setiap jam dalam hidup mereka dihargai sebesar Rp.1,500,000 termasuk saat mereka tidak melakukan apapun. Tak heran jika keseharian mereka dipenuhi dengan kegiatan latihan dan pendidikan dalam kelas seperti belajar bahasa. Bayaran mereka memang ditujukan sebagai imbalan atas pekerjaan fisik dan mental yang mereka harus lalui.

BACA JUGA: #Bal-BalanShow : Kupas Isu Terkini Dunia Sepakbola

Asuransi Kesehatan Eksklusif

Pentingnya bagian tubuh dalam karir mereka, perusahaan asuransi menjamin anggota tubuh pemain sepak bola. Premi mahal yang dibayarkan setiap tahun oleh manajamen pesepakbola profesional mencakup biaya perawatan dan tanggungan untuk anggota tubuh yang diasuransikan. Biasanya asuransi ini identik dnegan peran sang atlit di lapangan seperti tangan untuk penjaga gawang, atau kaki untuk pemain penyerang. Tahukah kamu, penjaga gawang asal Spanyol, Iker Casillas, dilindungi asuransi senilai USD 10 juta? Tentu ini yang membuatnya menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia.

Menjadi Wasit Dalam Pertandingan Sepak Bola

Banyak yang meremehkan peran seorang wasit dalam pertandingan sepak bola, di kelas internasional sekalipun. Hanya terlihat berlari kesana kemari mengikuti para pemain dan bolanya, wasit menjadi penentu dan pemimpin dalam sebuah pertandingan. Banyak kontroversi juga yang disebabkan oleh keputusan wasit, dan beberapa penggemar tentunya menyimpan kesal tersendiri dalam beberapa kejadian. Uniknya, siapapun bisa menjadi wasit sepak bola dan harus mengikuti pelatihan khusus dan masuk ke sebuah akademi perwasitan (Referee Academy). Meskipun cukup bergengsi, hingga kini belum ada pemain bola yang berakhir atau beralih karir menjadi wasit pertandingan.

Menjadi atlet memang sebuah pekerjaan bergengsi dan membanggakan bagi diri sendiri maupun institusi yang diwakilinya. Namun ternyata bagi beberapa atlet, terutama pemain sepak bola, hidup dan pekerjaan tidak hanya terjadi di lapangan. Setelah tau hal yang jadi keistimewaan pesepakbola kelas dunia, apa menurutmu atlet Indonesia sudah mendapatkan hak mereka? (sbg/Novel)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Nico
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

5 Fakta Menarik Tentang Tubuh yang Belum Kamu Ketahui

Sabigaju.com – Tubuh kita memiliki keunikannya sendiri. Saking banyaknya keunikan pa…