Sabigaju.com – Tubuh kita memiliki keunikannya sendiri. Saking banyaknya keunikan pada tubuh kita, seringkali kita sendiri tak mengetahui hal-hal menarik tersebut. Misalnya 5  fakta menarik tentang tubuh kita berikut ini!

Berkedip adalah Micronap

Pernahkah Sobat Sabi menghitung berapa kali matamu berkedip dalam sehari? Bila dirata-rata kita berkedip sebanyak 15 hingga 20 kali per menit, maka dalam sehari kita bisa berkedip ribuan kali. Pastinya ada sesuatu yang bernilai di balik hal tersebut. Mungkin kita familiar dengan penjelasan bahwa berkedip merupakan salah satu cara membuat mata lembab dan membersihkan debu. Namun ternyata lebih dari itu, faktanya dengan memejamkan mata memberi efek kepada otak untuk lebih tajam dan fokus kembali. Dengan begitu, berkedip juga berfungsi untuk recharge dan meningkatkan kemampuan otak. Jadi tidak berlebihan menganggapnya sebagai micronap.

Sebelum membaca artikel ini, Sobat Sabi belum tahu tentang fakta menarik tentang tubuh ini kan?

BACA JUGA: 5 Fakta Unik Pesepakbola yang Jarang Orang Tahu

Kita tidak bisa menggelitik diri sendiri

Tubuh kita memang diciptakan dengan sistem yang unik dan ajaib. Buktinya, kita bisa menggelitik orang lain, tapi tidak dengan diri sendiri. Hal ini disebabkan oleh otak kecil di bagian belakang otak yang berfungsi memantau gerakanmu dan memprediksi sensasi yang akan kamu rasakan saat mencoba menggelitik diri sendiri. Oleh karena itu, otak tidak bisa merespon gelitikan yang dilakukan oleh diri sendiri, tetapi bisa merespon bila orang lain menggelitiki bagian tertentu pada tubuhmu.

Sarah-Jayne Blakemore, seorang peneliti di Institute of Cognitive Neuroscience di University College London menjelaskan kepada Scientific American bahwa penyebab kita tidak bisa menggelitik diri sendiri. Secara ilmiah ada dua wilayah otak yang terlibat dalam memproses perasaan saat merespon gelitik. Proses korteks somatosensoru menyentuh dan korteks cingulate anterios memproses informasi yang menyenangkan. “Kami menemukan bahwa kedua wilayah ini kurang aktif selama menggelitik diri sendiri daripada saat orang lain menggelitiki kita.” Penjelasan tersebut menjadi alasan logis di balik fakta menarik tentang tubuh ini. Coba buktikan dengan menggelitik diri sendiri. Kamu tak akan merasa geli!

Penyebab manusia menangis membuatnya berbeda dari hewan

Hewan juga menitikkan air mata. Namun, air mata tersebut berfungsi sebagai pelumas agar kelembaban mata tetap terjaga. Berbeda dengan manusia. Manusia menitikkan air mata sebagai respons emosional. Dikutip dari bestlifeonline.com, Dr. Thomas Dixon, direktur Pusat Sejarah Emosi di Queen Mary University of London mengungkapkan bahwa manusia menangis disebabkan oleh hal-hal yang bersifat emosional. Dengan menangis, manusia seperti ingin menunjukkan perasaan yang sedang dia rasakan entah itu haru, sedih, atau merespon kejadian yang dianggap benar-benar buruk.

Posisi tubuh mempengaruhi memori kita

Siapa sangka kalau posisi tubuh kita memiliki pengaruh terhadap memori dalam otak kita. Saat duduk dengan mosisi menunduk atau melihat kebawah, kita akan lebih mudah mengingat kenangan negatif. Sementara saat duduk tegak dan melihat ke atas, kita akan lebih mudah mengingat hal positif serta semangat.

BACA JUGA: Tukang Belanja Harus Tau Fakta Unik Ini!

Semakin tua kemampuan indera perasa kita berkurang

Wine atau anggur mungkin akan lebih enak saat usianya semakin tua. Berbeda dengan tubuh kita yang kemampuannya akan menurun seiring bertambahnya usia. Kemampuan indera perasa kita untuk merasakan aneka makanan akan menurun kemampuannya memasuki usia 50-an. Umumnya wanita mengalami hal tersebut sejak umur 50 tahunan dan laki-laki tidak mengalami perubahan yang sama hingga usia 60 tahunan.

Fakta menarik tentang tubuh yng kelima ini menegaskan bahwa kemampuan indera manusia terus mengalami penurunan seiring pertambahan usia.

Itulah 5 fakta unik tentang tubuh kita. Masih ada lebih banyak lagi fakta menarik lainnya yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Fakta menarik tentang tubuh ini menjelaskan bahwa tubuh kita memiliki keunikan dan sistemnya sendiri.  (sbg/Erny)

Comments