Selain memiliki sejumlah tujuan wisata dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya ternyata Kawasan Wonosobo memiliki sajian khas yang tidak boleh kamu lewatkan bila berkunjung ke sana (Foto: Instagram hendri_dwianto)

Sabigaju.com – Bila pernah ke Bandung, salah satu pilihan liburan adalah menyusuri daerah Bandung selatan yang punya pemandangan alam indah.

Menyewa mobil adalah pilihan tepat untuk liburan ke tempat wisata seperti ini, karena kamu bisa menuju lebih banyak tempat dan menikmatinya sesuai dengan gaya liburan kita sampai puas.

Tak perlu repot mencari penyewaan mobil karena sudah tersedia hampir di semua kota di Indonesia, selengkapnya di link ini.

Jawa Tengah punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada Solo, Semarang dan Magelang yang punya banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi. Bila ingin merasakan suasana sejuk di alam yang asri seperti di Bandung, ada satu kota yang punya daya tarik yang sama, Wonosobo.

Belum pernah main ke Wonosobo? Berikut adalah beberapa tempat tujuan yang bisa kamu kunjungi jika liburan di sana.

BACA JUGA: Mencuci Mobil Usai Terguyur Hujan itu Penting, Jangan Ditunda-Tunda! 

1. Dieng Plateau

Dieng Plateau atau dataran tinggi dieng adalah destinasi wisata andalan di Wonosobo. Berlokasi di antara dua gunung, Sindoro dan Sumbing, kawasan Dieng Plateau memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Dieng Plateau (Foto: Instagram indonesiasightseeing)

Selain melihat pemandangan alam yang indah, di sini kamu juga bisa menonton festival tahunan yang selalu ditunggu para wisatawan. Dieng Culture Festival diselenggarakan setiap tahun dengan acara karnaval seni dan budaya yang ditunggu-tunggu. Selengkapnya, ada di link ini.

BACA JUGA: Tips Buat Kamu yang Pilih Sewa Mobil untuk Liburan 

2. Candi Arjuna

Berlokasi di Karangsari, Dieng Kulon, Candi Arjuna adalah tempat memuja Dewa Arjuna bagi masyarakat Hindu.

Candi Arjuna (Foto: Instagram bali.good.place)

Berlokasi di dataran tinggi, Candi Arjuna tidak hanya memiliki bangunan yang megah. Tetapi juga pemandangan alam yang luar biasa indah di sekitar kawasan Candinya.

Langit biru dan udara segar dari pepohonan yang mengitari kawasan Candi ini dijamin bikin betah.

BACA JUGA: Destinasi Wisata di Indonesia Ini Juga Menarik untuk Kamu Sambangi

3. Lubang Sewu Erorejo

Di antara banyak tempat wisata di Wonosobo, bisa dibilang Lubang Sewu Erorejo cukup baru.

Berada di Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, tempat wisata ini terdiri dari batu-batu alam dengan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Lubang Sewu (Foto: Instagram warmanwardhani)

Sekilas Lubang Sewu Erorejo tampak seperti Grand Canyon namun dengan batuan berwarna putih yang lebih cerah.

Namun jika diamati lebih lanjut, bebatuan di kawasan ini terdiri dari tumpukan-tumpukan batu yang terbentuk secara alami.

BACA JUGA: Pesona Alam Gunung Bawakaraeng yang Bikin Gak Mau Pulang

4. Gunung Prau

Lokasi terbaik untuk menikmati  pemandangan indah dan hangatnya sinar matahari terbit di Wonosobo adalah dari puncak Gunung Prau. Gunung yang berlokasi di Bakulan, Dieng ini memiliki pemandangan luar biasa indah dari puncaknya.

Hamparan awan yang membentang luas di pagi hari akan membuatmu merasa bak sedang berada di negeri di awan.

Gunung Prau (Foto: Instagram gunung_prau_dieng)

Ketika matahari terbit menyapa kawasan Wonosobo, cahaya kuning kemerahan dari sunrise akan menyapamu lebih dulu dibandingkan dengan tempat lain di kota ini.

Perlu tenaga ekstra untuk mendaki puncak Gunung Prau. Namun sinar matahari terbit yang sangat cantik dari puncaknya, pasti menghapus semua lelah dari perjalanan menuju puncak gunung ini.

Jangan lupa cek jadwal buka dan tutup Gunung Prau. Karena pada bulan-bulan tertentu, gunung ini tertutup bagi aktivitas pendakian untuk revitalisasi tumbuhan dan kawasan pegunungan.

BACA JUGA: Gudeg Bu Sudji, Kuliner Jogja di Belantara Beton Jakarta 

5. Mencoba Lezatnya Mie Ongklok

Nggak lengkap kalau liburan ke Wonosobo tanpa mencoba lezatnya Mie Ongklok. Makanan ini terbuat dari mie yang disiram kuah dengan isian sayuran kol segar dan daun kucai.

Mie Ongklok. (Foto: Instagram gembulfoodie)

Mie ongklok adalah teman sempurna untuk mengisi perut di tengah hantaman udara dingin yang menerpa kawasan Dieng. Mie kuah hangat, ditambah dengan sate daging sapi , hmm…pasti lezat!

Wonosobo adalah tempat liburan seru bareng teman yang sempurna. Sama-sama suka naik gunung, langsung saja menuju Gunung Prau.

Ingin seru-seruan sambil melihat festival meriah di alam bebas, ajak teman ke Dieng Culture Festival di bulan Agustus mendatang. (Sbg/Rig)

Comments