ATM
Agar kita tidak menjadi korban pembobolan ATM, kamu bisa mengikuti ikuti beberapa langkah penting sebagai upaya penanggulangannya. (Foto: Pixabay)

Sabigaju,com – Walau kini sudah tahun 2019, ironisnya kasus pembobolan ATM masih saja kerap terjadi. Malah bisa dikatakan semakin menggila.

Dan tentunya salah satu faktor utamanya adalah dikarenakan kehidupan yang semakin susah saja setiap harinya. Walau demikian, tetap saja tindakan membobol ATM orang lain sangatlah tidak dibenarkan.

Nah, apabila kita tidak ingin menjadi korban, yuk ikuti 5 langkah penting sebagai upaya penanggulangannya berikut ini.

BACA JUGA: Marak Pembobolan ATM Nasabah BRI, Ini Tips untuk Kamu!

1. Gunakan ATM Kantor Cabang

Mesin ATM bank memang tersedia di mana-mana. Tentunya pihak bank memperbanyak gerainya demi memudahkan nasabahnya untuk bertransaksi.

Tapi justru kemudahan ini di saat yang sama juga menyimpan bahaya yang amat sangat. Karena umumnya, pembobol memasang alat skimming-nya di ATM yang lokasinya tidak dekat dengan kantor cabang bank bank-nya.

Karena umumnya ATM yang bersebelahan dengan kantor cabang bank memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi.

Oleh karenanya, apabila ingin aman, sebisa mungkin carilah mesin yang bersebelahan dengan kantor bank atau setidaknya yang terdapat di mini market ternama.

BACA JUGA: 

Nggak Cuma Canggih di Bidang Teknologi, Masyarakat Jepang Juga Jitu Mengatur Uang

2. Tutup Layar Ketika Sedang Memasukkan Pin

Mungkin ini adalah tips yang paling umum banget dan kerap ditempelkan di berbagai ATM. Tapi faktanya, memang tips ini memang benar adanya.

Pasalnya, kita tidak pernah tahu apakah orang di belakang antrian kita memang orang baik-baik, atau justru seorang yang berniat jahat ke kita.

Oleh karenanya, ketika memasukkan nomor pin, majukan tangan kiri kita untuk menutup ruang pin dial-nya.

Lebih bagus lagi apabila badan kita juga dimajukan sehingga seluruh ruang benar-benar tertutup.

3. Jangan Terlalu Sering Mengakses Akun Bank

Tak dipungkiri bahwa masih banyak dari kita yang rajin ke ATM hanya untuk cek saldo atau ya mungkin karena sedang memiliki banyak uang, dalam seminggu sering bolak-balik untuk menarik uangnya.

Mungkin awalnya kita mengira hal ini bukan masalah. Tapi justru dengan sering menggunakan, potensi hacker untuk mengetahui nomor rekening dan nomor routing semakin besar.

Oleh karenanya, pergunakanlah seperlunya saja. Atau ketika menarik uang, pastikan jumlahnya mencukupi untuk setidaknya 3-4 hari ke depan.

BACA JUGA: Tips Mengatur Keuangan untuk Para Pria Single

4. Lakukan Verifikasi Keamanan

Umumnya sekarang ini ketika kita membuka rekening baru, kita diminta untuk memasukkan nomor telpon atau e-mail untuk verifikasi keamanan. Apabila diminta demikian, well lakukan saja.

Karena dengan langkah ini, pihak bank akan terlebih dahulu menanyakan atau meminta konfirmasi ke kita kalau-kalau saja, ada orang selain kita yang mengakses ATM nya.

5. Gunakan Kombinasi yang sulit Ditebak

Untuk keamanan maksimal, sebaiknya pemilik akun menggunakan kombinasi PIN yang susah untuk ditebak. maka hal ini tidak membentuk pola tertentu dan tidak menunjukkan tanggal, bulan maupun tahun kelahiran.

BACA JUGA: Mau ke Luar Angkasa? Siapkan Uang yang Banyak!

Dengan begini kamu bakal aman. Ingat! Kemalasan atau sikap menggampangkan sesuatu memang terkadang bisa berakibat fatal.

Semoga tips ini bisa membantu kalian untuk terhindar dari kasus pembobolan ATM yang sangat menyebalkan itu. Selamat mencoba ya guys. (Sbg/Rig)

Comments