Menonton Film Horor
Kebiasaan menonton Film Horor rupanya dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia. (Sumber Foto: sites.psu.edu)

Sabigaju.com – Selain sejumlah film drama, kamu juga bisa menonton Film  horor terbaru yang dirilis untuk mengisi libur Lebaran 2019 dan bakal ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia.

Yup! Film Ghost Writer dan Kuntilanak 2 dijamin bakal membuat merinding  bulu kuduk para penggemar film di bioskop saat Liburan Lebaran 2019 ini

Dengan karakteristiknya yang creepy nan menyeramkan, tentunya adalah  tantangan tersendiri bag kita untuk menonton film horor.

Namun tahukah kalian?  ketika kita sedang merinding sendiri menonton film horor rupanya memberikan efek yang menyehatkan bagi kesehatan tubuh kita.

Gak percaya? Ini dia lima bukti manfaat menonton film horor seperti yang telah dikumpulkan bukti dan penelitiannya oleh IndiaTimes berikut ini.

BACA JUGA: Betapa Spoiler Film Memang Menjengkelkan

Membakar Kalori Tubuh

Di tahun 2012, murid-murid dari University of Westminster di Inggris, meminta 10 orang untuk menonton film horor yang berbeda-beda.

Nah, ketika pengujian ini dilakukan,penguji juga memonitor angka detak jantung, jumlah okisgen yang dihirup dan juga, karbondioksida yang dikeluarkan.

Dari pengujian ini, penguji melihat salah satu peserta yang menyaksikan film paling terseram yang sukses membuatnya teriak kaget berkali-kali. Setelah dilihat secara seksama, diketahui bahwa dari keterkejutannya yang berkali-kali tersebut, sukses membakar sebanyak 184 kalori.

Jumlah ini sama saja dengan jumlah kalori yang dikeluarkan apabila seseorang yang berat badannya 140 pon (sekitar 70 Kg) melakukan aktivitas jalan kaki.

BACA JUGA: Menonton Film Horor Ternyata Bisa Bikin Kamu Langsing 

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berdasarkan studi yang di-publish di jurnal bertajuk Stress, terungkap bahwa ketika kita menonton film horor, imun tubuh akan meningkat sejenak.

Hal ini disebabkan ketika kita menyaksikan horor, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada sirkulasi darah di dalam tubuh terutama, sel darah putih.

Dengan adanya peningkatan di kedua area ini, otomatis hal ini juga akan meningkatkan respon tubuh terhadap virus atau penyakit yang berada di dalam tubuh kita.

BACA JUGA: Brightburn: Film Superman Jahat dengan Rasa Horor 

Baik Bagi Kesehatan Otak Kita

Aliran emosi naik-turun yang sedang mengalir di dalam tubuh ketika kita menonton  film horor, akan melepaskan sejumlah hormon bahagia di otak kita termasuk: Dopamine, Serotonin, dan Glutamate.

Pelepasan Hormon-hormon tersebut. tidak hanya akan meningkatkan mood kita, namun juga adrenalin yang ada di dalam tubuh.

Menghilangkan Stres

Sedang stres karena tidak ada uang atau terhadap pekerjaan menumpuk yang belum selesai-selesai? Well, beristirahatlah sejenak dengan menonton film horor.

Hal ini dikarenakan adrenalin yang sedang menggbu-gebu, terbukti selalu menjadi “obat” yang mampu untuk menghadapi strest akut dan bahkan depresi.

BACA JUGA: 10 Film Horror yang Bisa Kamu Tonton di Netflix, Berani?

Mengurangi Phobia yang Kita Miliki

Ketika kita menyaksikan karakter utama yang sedang dan akhirya sukses melawan ketakutannya, secara tidak kita sadari, hal ini menumbuhkan keberanian dalam menghadapi phobia yang ada di dalam diri kita.

Jad bila kalian masih belum bisa melawan phobia kalian terhadap laba-laba atau kecoak, well, langsung saja deh kalian rajin-rajin menonton film horor. (Sbg/Mrv))

Comments