Kota Jakarta Hari ini genap Berusia 493 tahun
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Hari Ini, Senin 22 Juni 2020 Kota Jakarta genap berusia 493 Tahun. tentunya kita berharap kalau kota ini menjadi kota yang maju dan aman bagi warga dalam menjalankan segala aktivitasnya.

Nah ada sejumlah permasalahan yang menjadi sorotan Sabigaju.com yang kerap menjadi promem bagi warga Jakarta agar segera di tuntaskan. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Banjir di Jakarta Jadi Sorotan Dunia Internasional

1. Banjir

Banjir selalu menjadi momok bagi kota Kota jakarta. Bahkan sejak kota ini masih bernama Batavia.

Banjir besar pernah terjadi pada tahun 1600-an, saat Jakarta masih bernama Batavia, lalu terjadi lagi pada 1918. Usai Indonesia merdeka, banjir besar juga pernah terjadi pada awal 1976.

Di dekade 2000-an, banjir besar pernah melanda Jakarta pada 2002 dan 2007. Banjir 2007 membuat setidaknya 80 jiwa melayang dan 320 ribu jiwa mengungsi.

Banjir besar lagi-lagi menerjang Jakarta pada 2015, saat itu, curah hujan masuk kategori ekstrem, yakni 170 mm per hari. Dan empat tahun berselang, setidaknya 15 persen warga terdampak banjir awal tahun itu.

Semua pihak harus duduk bersama mencari solusi mengatasi Banjir. Sebab Laporan World Economic Forum, beberapa waktu lalu menyebutkan Jakarta menjadi kota yang paling berpotensi tenggelam.

Permukaan tanah Jakarta disebut menurun hingga 6,7 inci per tahun karena pemompaan air tanah yang berlebihan.

Karena hal itu, sebagian besar kota Jakarta diprediksi tenggelam pada tahun 2050 mendatang. Kita tentunya tak ingin kan Kota Jakarta hilang seperti  Benua Atlantis!

BACA JUGA: Polusi Udara Tinggi, Waspada Liburan di Jakarta 

2. Kemacetan dan Polusi

Hal lain yang perlu dibenahi dari Jakarta adalah soal kemacetan yang harus dihadapi warga ibu kota setiap hari. Permasalahannya semakin parah seiring dengan bertambahnya penduduk dan penggunaan kendaraan pribadi.

Laporan Traffic Index 2017, Jakarta pernah berada di peringkat ke-4 kota termacet di dengan tingkat kemacetan 61 persen, hanya kalah dari Mumbai, New Delhi dan Bogota.

Peringkat ini lalu mengalami penurunan peringkat ke-10 pada 2019. Namun di 2019, tingkat kemacetan Jakarta tetap berada di angka 53 persen.

Kita perlu mengapresiasi adanya pembenahan sarana dan prasaranan pada transportasi publik di Jakartan sebagai upaya mengurangi kemacetan dan polusi.

Namun, butuh strategi besar untuk melakukan upaya memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum demi menghalau kemacetan di Jakarta dan mengurangi polusi ,

Kita berharap agar Pemprov lebih serius menangani permasalahan polusi udara dengan membatasi jumlah kendaraan bermotor, memperbanyak taman dan ruang terbuka hijau, hingga memperbanyak pohon supaya udara bersih terjaga dan jadi kota yang sehat bagi warganya.

4. Kriminalitas

Harapan lain yang impikan warga Jakarta adalah hidup dengan aman di Kota Jakarta. Hidup aman sepertinya bagai mimpi warga Jakarta yang sejak abad ke-19 belum juga terwujud hingga saat ini.

Begal, rampok, copet,kelompok pencoleng hingga preman seakan berlomba-lomba dalam berusaha mendapatkan peruntungan mereka di setiap kesempatan. Tak terhitung, berapa banyak warga Jakarta yang menjadi korban aksi mereka.

Kota Jakarta Perlu sistem yang tepat, cepat dan canggih untuk melindungi warganya. Selain sistem keamanan, kecanggihan teknologi harus membuat setiap warga Jakarta aman dari upaya tindak kriminal.

BACA JUGA: Tips Jitu Bertahan Hidup di Kota Jakarta dengan Gaji Pas-pasan

5. Pandemi di Masa depan

Ulang tahun Jakarta diperingati dalam suasana yang tak meriah seperti sebelumnya. Pada usianya yang ke-493, kota ini menghadapi pandemi Covid-19. Hingga kemarin Pandemi Corona telah merenggut 615 nyawa warga Ibu Kota.

Di masa depan Bukan tak mungkin akan muncul virus virus lain yang mungkin lebih dahsyat dari Corona. Kini kita harus memikirkan berbagai strategi yang di butuhkan kota ini dalam menghadapi serangan virus.

Kota Jakarta harus siap mempersiapkan sistem pengawasan kesehatan yang canggih demi menjaga warganya dari serangan virus di masa depan. Agar jatuhnya korban jiwa dapat diantisipasi.  Selamat ulangtahun ke-493 buat Kota Jakarta. (Sbg/Rig)

Comments