Sabigaju.com – Pernahkah kamu merasakan keringat dingin mengucur ketika harus melakukan kegiatan public speaking? Tenang, kamu tidak sendirian. Sekitar 75 persen orang dewasa merasakan takut berbicara di depan umum. Mungkin akan lebih mudah untuk menyerah pada ketakutanmu, tapi kamu akan merasa lebih bangga terhadap diri sendiri setelah berhasil menghadapinya.

Bagi sebagian orang, mungkin hanya butuh sedikit usaha untuk menaklukkan rasa takut ini. Tapi, bagi sebagian orang yang lain membutuhkan lebih banyak tips untuk mengatasi tekanan mental ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika sedang melakukan public speaking.

BACA JUGA: Tips Tampil Stylish dan Fashionable dengan Celana Training

1. Buatlah penonton tertawa

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika sedang melakukan public speaking adalah dengan memastikan bahwa penonton dapat tertawa. Mulailah dengan melontarkan lelucon ketika sedang berbicara di depan umum. Hal ini penting untuk mencerahkan suasana dan membantu penonton untuk bersantai. Jika merasa sulit melakukannya, cobalah untuk menertawakan diri sendiri, dengan demikian orang lain akan ikut tertawa. Hal ini akan sangat baik untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu.

2. Fokus pada orang yang mengangguk

Ketika kamu merasa tidak fokus pada suasana, cobalah melihat kepada orang-orang yang tengah mengangguk dan berkonsentrasi pada materi yang kamu sampaikan. Semakin kamu fokus pada orang-orang tersebut, semakin kamu percaya diri karena percaya bahwa ada yang mendengarkan dirimu dengan seksama. Hal ini akan semakin membuatmu nyaman dalam memberikan materi.

3. Berekspresi dengan emosi

Saat kamu mulai berbicara, sangat mungkin untuk merasa gugup. Kegelisahan tidak selalu menjadi hal termudah untuk hilang. Bermainlah dengan emosi. Tertawalah jika memang materi public speaking kamu penuh dengan hiburan, sebaliknya terharulah ketika suasana mendukungmu untuk menuju ke arah sana.

BACA JUGA: Tips Buat Kamu Para Cowok Supaya Nge-gym Jadi Enggak Sia-Sia!

4. Perbanyaklah latihan

Hal penting yang harus kamu lakukan adalah berlatihlah sebanyak-banyaknya dan serajin mungkin. Latihlah terus kegiatan public speaking-mu, sehingga kamu dapat melakukan yang terbaik pada saatnya nanti. Kamu dapat mencoba untuk merekam diri sendiri dengan menggunakan video, sehingga kamu dapat menilai bagaimana penampilanmu. (Sbg/Van)

Comments