Sabigaju.com – Masalah gangguan ingatan bisa menimpa siapa saja di segala usia. Hal ini terkait dengan fungsi lobus frontal—otak yang terletak di bagian—kita. Lobus frontal ini berfungsi untuk mengontrol keterampilan kognitif penting pada manusia seperti konsentrasi, pengaturan memori, emosi, pemecahan masalah, memori, bahasa, penilaian, sampai perilaku seksual.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kemampuan lobus frontal akan menurun. Ketika kemampuan lobus frontal menurun, seseorang perlu bekerja lebih keras untuk sekadar berkonsentrasi, memahami informasi, atau mengingat sesuatu.

Penting untuk diketahui di mana batasan menurunnya kemampuan lobus dalam ukuran normal dengan rendahnya kemampuan lobus yang sudah bisa dibilang abnormal? Dilansir dari huffingtonpost.com, berikut ini adalah beberapa contoh kasus yang menggambarkan bahwa gangguan ingatanmu sudah di luar normal.

Sering kehilangan barang

Banyak waktumu terbuang hanya untuk mencari kunci kendaraan, kunci rumah, kacamata, dompet, dan benda-benda semacamnya. Bahkan, sekarang ini hal tersebut sudah lebih sering kamu lakukan dibanding sebelumnya? Ini bisa jadi tanda awal dari gangguan ingatan, lho.

Terlalu mudah lupa

Misal, suatu hari kamu pergi ke mall dengan kendaraan pribadi. Setelah beberapa jam dan hendak pulang, kamu tidak bisa mengingat di mana kamu parkir kendaraanmu tadi. Kamu perlu menelusuri parkiran untuk menemukan di mana kendaraan tersebut. Pasti kasus seperti ini bukan baru sekali kamu dengar, kan? Hal ini adalah contoh umum gagalnya memori otak dalam mengingat. Penyebabnya, karena kamu tidak memperhatikan saat memori itu terbentuk, atau karena banyaknya hal mendistraksi pikiran sejak kamu parkir sampai kamu kembali ke parkiran.

Kalau kamu sampai perlu menelusuri parkiran atau butuh bantuan orang lain untuk menemukan kendaraanmu, tentu saja itu bukan hal yang normal.

Susah memilah kata

Meski kamu masih dapat mengingat nama-nama kerabatmu dengan mudah, tapi kamu sangat kesulitan mengingat kata sampai kamu butuh waktu lama untuk berpikir dan melengkapi kalimatmu, atau bahkan sampai butuh bantuan orang lain untuk melengkapinya? Itu juga contoh kasus gangguan ingatan.

Jangan disepelekan karena semakin lama hal ini akan semakin menurunkan kualitas hidupmu. Jika kamu sudah cukup khawatir, atau bahkan merasa frustasi dengan kemampuan memorimu yang tidak berfungsi dengan maksimal, tidak ada salahnya untuk segera lakukan pemeriksaan. (Sbg/Fitri)

Comments