Sabigaju.com – Musik adalah bahasa universal yang akan diterima di seluruh penjuru dunia. Walaupun mungkin kamu tidak selalu mudah memahami lirik lagu yang berasal dari belahan dunia lain, tetapi setiap orang tentu akan dapat menikmati emosi yang terkandung dalam musik. Musik dapat membuatmu merasa sedih, gembira, tenang, marah atau bersemangat.

Bermain musik rupanya telah terbukti akan memberikan manfaat bagi tubuhmu. Penelitian telah membuktikan banyaknya manfaat bermain alat musik bagi kesehatan tubuh, terutama pikiran. Berikut manfaat bermain musik bagi tubuh dan pikiran.

  1. Pikiran semakin tajam

Studi dari University of Kansas Medical Center menyimpulkan bahwa musisi memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik daripada mereka yang non-musisi. Hal ini karena bermain alat musik secara teratur dapat menjadi latihan khusus bagi otak atau disebut juga olahraga otak. Bermain alat musik mulai dari memukul seperangkat drum hingga menium saksofon dapat membuat pikiranmu menjadi tetap aktif.

Khususnya jika kamu bermain gitar, kamu akan meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Ketika bermain gitar, kamu harus focus membaca chord, menyeimbangkan nada serta memetic senar. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bermain gitar dapat mempertajam fungsi otak dan merangsang kekuatan otak dengan cepat.

  1. Mengatur suasana hati

Penelitian menunjukkan bahwa bermain musik dapat mengurangi stress dengan cara menurunkan kadar kortisol. Selain itu, bermain musik dengan kecepatan berbeda dapat lebih meningkatkan manfaat ini. Kamu juga bisa melampiaskan emosi dengan bermain musik. Terlebih lagi jika kamu menciptakan lagu sendiri, kamu akan lebih mudah mengekspresikan kesedihan, sukacita hingga ketegangan sebuah karya seni.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Mempelajari musik merupakan sesuatu hal yang harus kamu lakukan dengan keseriusan dan ketekunan. Sebagai contoh, jika kamu bermain piano misalnya, kamu harus benar-benar berkonsentrasi agar jarimu tidak terpeleset pada tuts yang salah, bukan?

Sebagai seorang musisi, kamu dituntut untuk mampu mendengarkan beat, ritme, tekstur, timbre dan sebagainya. Bermain alat musik mampu meningkatkan konsentrasi serta membuatmu focus pada kelompok harmoni secara keseluruhan. Selain itu, kamu juga tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari seluk-beluk instrumen yang kamu mainkan. Rata-rata orang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa menguasai biola serta bertahun-tahun untuk bisa memainkan lagu klasik yang kompleks.

Itulah dia beberapa manfaat bermain musik yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Jadi, tunggu apalagi? Segera mainkan instrumen musik yang menarik perhatianmu serta mulailah berlatih sekarang juga! (Sbg/Has)

Comments