Mobil Presiden
(Sumber Foto: autoweek.com)

Sabigaju.com – Para pecinta otomotif dan publik kini tengah heboh membicarakan mobil baru yang akan menjadi tunggangan petinggi nomor satu negeri ini, Presiden Jokowi beserta jajaran menterinya

Memilih mobil Presiden dan Wakil Presiden tentunya bukan perkara mudah. Sebab mobil haruslah memenuhi syarat yang dapat menjamin keamanan Presiden ketika sedang dalam perjalanan.

Setidaknya mobil Presiden haruslah berlapis anti-peluru dan juga ada sederet fitur keamanan lain sehingga orang penting di dalam terjamin keselamatannya.

Pemerintah pun tak mau mengambil risiko. Demi menjamin keamanan presiden dan wakil presiden ketika sedang bertugas, mobil dinas dipilih langsung.  Pilihan mobil Presiden  jatuh pada mobil buatan Jerman, Mercedes-Benz S 600 Guard.

Mercedes-Benz S 600 Guard

Banyak kepala negara yang mempercayakan Mercy sebagai mobil dinasnya. Mercedes-Benz S-Class memang dirancang oleh pabrikan Jerman itu untuk merepresentasikan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S 600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

BACA JUGA: Nih! Enam Mobil yang Bakal Menyelamatkanmu dari Serangan Musuh

Mobil Presiden
(Sumber Foto: CarBuzz)

Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan anti peluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis.

Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

BACA JUGA: Benarkah Mobil Listrik Ramah Lingkungan ? Nggak Juga Tuh

Mobil Baru untuk Menteri

Adapun mobil akan dipakai para menteri di Kabinet Jokowi mendatang adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive. Mobil ramah lingkungan tersebut akan digunakan oleh para menteri dengan masa jabatan 2019-2024.

Sedan mewah ramah lingkungan tersebut akan dipakai oleh pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden. Totalnya sendiri mencapai 101 unit.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive adalah varian dari Crown yang merupakan mobil hybrid, sesuai dengan kodenya HV (Hybrid Vehicle). Mobil ini dibekali mesin 2.5L Dynamic Force Engine Hybrid System.

Mobil Presiden
(Foto: Toyota)

Tenaganya keseluruhannya diklaim mencapai 223 tk dengan torsi 221 Nm. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 19,4 km/L.

Untuk transmisinya, mobil ini menggunakan CVT dan sistem penggerak all wheel drive. Dimensinya memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.455 mm.

Sementara, jarak sumbu rodanya 2.920 mm. Masuk ke bagian kabinnya, di bagian dashboard, terdapat dua layar berukuran 8 inci dan 7 inci untuk Data Communication Module yang menjadi pusat untuk mengatur beragam fitur di mobil.

BACA JUGA: Kecanggihan Ini Bikin Kamu Pengen Punya Mobil Listrik

Dengan kokpit yang didekorasi dengan aksen kayu untuk menambah kesan elegan dan juga pemilihan jok kulit terbaik.

Untuk fitur keselamatan, Toyota menerapkan rangkaian fitur, seperti Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System. Baca

Ada juga fitur Road Sign Assist, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake. Untuk pertama kalinya, Toyota juga mengadopsi fitur Rear Pedestrian Support Brake.

Di Indonesia, Crown Royal Saloon memang tidak dijual bebas.  Hal ini terlihat ketika  Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang merek Toyota tidak menampilkan Crown Royal Saloon pada line-up model yang dipasarkan secara resmi.

Spesifikasi, sedan mewah ini masuk dalam persyaratan. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No.577/KM.6/2017, berwujud sedan bermesin 3.500 cc, enam silinder atau SUV 3.500 cc, enam silinder. (Sbg/Rig)

Comments