Sabigaju.com – Bulan Mei adalah bulan reformasi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pasalnya di bulan yang sama 20 tahun yang lalu, rakyat Indonesia berhasil membuat presiden Soeharto turun dari tirani jabatan yang 32 tahun didudukinya.

Soeharto sendiri telah lama pergi, namun pahit manisnya perjuangan menuju titik perubahan tersebut selalu terkenang. Tahun ini bulan reformasi diwarnai dengan kemunculan sosok pria yang mirip Pak Harto di kereta.

BACA JUGA: Darma, Anak Ganteng Tommy Soeharto yang Jago Balap
Foto sosok lelaki tua yang viral karena mirip dengan pak Harto. (Foto: facebook masyono.ypno)

Dalam foto tampak seorang pria tua dengan rambut putih tertutup topi hitamnya, duduk di kursi prioritas KRL seraya memangku tas hitamnya. Ia mengenakan jaket dan matanya terpejam. Fotonya diambil dari sisi samping pria tersebut. Sekilas, memang mirip dengan Soeharto. Netizen pun banyak yang mengamini kemiripan pria tua tersebut dengan sosok presiden ke-2 RI.

Netizen beramai-ramai membicarakannya sampai foto tersebut beredar luas di media sosial. Kehebohan tersebut pun sampai pada keluarga cendana. Salah satu anak alm Pak Harto, Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto menganggap viralnya foto tersebut sebagai kerinduan masyarakat kepada ayahnya. “Ini buat kami tandanya ada kerinduan ke Pak Harto, gitu ya,” kata Titiek sebagaimana dilansir Sabigaju dari detikcom.

Sebenarnya, siapa sih sosok pria tua yang mirip Soeharto ini?

Beberapa hari setelah viralnya foto tersebut, informasi mengenai pria yang dimaksud dalam foto mulai bermunculan. Salah satunya dari akun Mas Yono Ypno yang mengunggah di laman Facebooknya. Dalam keterangannya ia menulis pria dalam foto yang viral itu bernama Koeswali Somadiharga, warga Pamulang.

BACA JUGA: Romantisnya Cucu Presiden Soeharto Saat Lamar Kekasih di Amerika

Akun Facebook Mas Yono Ypno juga mengunggah dua buah foto, satu foto yang viral disebut mirip Soeharto, serta foto (diduga) orang yang sama dari tampak depan, tanpa topi dan dengan senyum dalam balutan kaus berwarna kuning.

Foto tampak depan lelaki tua yang viral karena mirip dengan pak Harto. Foto: Facebook masyono.ypno)

Namun berdasar informasi yang diterima Okezone, Koeswali mengatakan foto yang di kereta itu bukan dirinya lantaran ia terakhir kali menaiki KRL pada tahun 2011 silam, dan kondisinya pun penuh penumpang. Sementara foto pria berkaus kuning yang disanginkan dengan orang yang dibilang mirip Pak Harto di kereta itu, benar dirinya.

“Foto yang di kereta itu bukan foto saya, tapi yang foto pakai kaus kuning itu memang saya,” kata Koeswali, dikutip dari Okezone. Terkait kemiripannya dengan Soeharto, Koeswali menceritakan bahwa hal serupa telah banyak diutarakan oleh tetangga dan sahabatnya, bahwa rambut putih dan senyumnya membuat ia mirip seperti Pak Harto. (sbg/Fitri)

Comments