20 Tahun Google
Di momen 20 tahun Google, ada begitu banyak manfaat yang diberikan oleh perusahaan teknologi raksasa itu terhadap peradaban dan kehidupan manusia di Planet Bumi ini. (Foto: Google)

Sabigaju.com – Tak terasa rupanya sudah 20 tahun Google sejak kali pertama dibangun pada 1998 silam. Google kini tumbuh pesat sebagai mesin pencari terbesar di dunia dan mempekerjakan sekitar 80.050 orang pada tahun 2018, sementara pendapatannya sekitar $110.9 milyar per 2017.

Semua itu bermula pada tahun 1995 di Stanford University di Stanford, California, calon mahasiswa pascasarjana Larry Page, bertemu Sergey Brin, seorang mahasiswa di perguruan tinggi.

Belakangan, Page dan Brin mengembangkan mesin pencari dari kamar asrama mereka yang dikenal sebagai Backrub pada tahun 1996. Mereka merancang dan meningkatkan pencarian online dengan menggunakan tautan untuk menentukan pentingnya halaman situs web.

Setelah berganti nama menjadi Google tidak lama kemudian, pendiri Sun Microsystem Andy Bechtolsheim berinvestasi $100,000 untuk mendirikan startup pada bulan Agustus 1998. Page dan Brin secara resmi mendaftarkan Google pada tanggal 4 September 1998.

Menginjak masa 20 tahun Google, perusahaan teknologi raksasa itu memberikan begitu banyak manfaat bagi manusia di era digital ini. Nah, berikut sejumlah manfaat yang diberikan oleh Google kepada umat manusia.

1. Gmail yang Terus Berkembang

Salah satu manfaat terbesar yang diberikan Google adalah layanan surel bernama Google Mail atau yang lebih dikenal sebagai Gmail. Layanan ini bisa dipakai seumur hidup oleh para user dengan gratis walaupun kamu tidak pernah membuka email dalam 1 bulan, 4 bulan, 1 tahun, dan bahkan bisa lebih.

Layanan email lain seperti Yahoo!, akan menghapus akunmu secara otomatis jika 4 bulan tidak pernah dibuka. Walaupun masih bisa dipulihkan atau diaktifkan kembali, tapi membutuhkan proses yang cukup lama untuk mengembalikannya.

Satu akun untuk semua. Inilah kelebihan lain dari produk Google. Jika kita sudah punya alamat email dari Gmail, maka secara otomatis akun email tersebut juga bisa dipakai untuk produk Google lainnya seperti Google Drive, YouTube, Blogger, Google Web Master, Google Plus dan masih banyak lagi.

2. Google Maps Terus Dikembangkan

 

Dalam langkah 20 tahun, Google sebagai perusahaan teknologi terus mengembangkan aplikasi navigasinya, Google Maps untuk memandu perjalananmu di Bumi.

Selain berguna untuk menyimpan alamat rumah dan kantor, aplikasi ini juga dapat membagikan lokasimu berada kepada teman-teman lewat berbagai media sosial. Apalagi kini kamu juga bisa menemukan berbagai tempat hang out yang direkomendasikan Google.

3. Google Translate

Google juga terus melakukan pembaruan teknologi untuk Google Translate.  Aplikasi penerjemah ini memang sangat membantu dalam menerjemahkan banyak bahasa yang gak diketahui sebelumnya.

Kini, Google Translate sudah bisa digunakan dengan lebih mudah. Kamu juga bisa menerjemahkan kalimat yang kamu maksud menggunakan suara.

Tinggal omongin atau ketik saja kalimat yang kamu maksudkan di aplikasi, lalu Google Translate secara otomatis bakal mentranslasikan ke dalam bahasa yang kamu inginkan.

Namun dengan catatan, asal bahasa yang digunakan sudah termasuk ke dalam 32 bahasa yang didukung oleh Google Translate ya, Sob.

4. Android

Salah satu momentum terbesar yang dilakukan Google dalam 20 tahun perjalanannya adalah ketika perusahaan teknologi itu membeli Android dari Android, Inc., pada tahun 2005. dan kemudian mengembangkannya.

Android adalah Operating System (Sistem Operasi) yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar atau komputer tablet .

Semenjak kehadirannya, Android banyak membantu menyelesaikan pekerjaan manusia hingga memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi walaupun sedang berjauhan.

Lewat Android pula manusia memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaannya sendiri.

Selain itu dengan smartphone berbasis Android memiliki serangkaian fitur yang sudah mewakili fungsi dari perangkat elektronik lain, jadi kamu tidak perlu membeli perangkat elektronik lain.

5. Inovasi Pendidikan Ala Google Lewat Science Journal

Bukan hanya mengedepankan aplikasi hiburan, Google juga turut membantu kemajuan pendidikan di dunia.

Hal itu dapat dilihat dari aplikasi unik buatan Google  bernama Science Journal yang berfungsi sebagai catatan sains gratis.

Science Journal berguna dalam membuat catatan ilmiah dan foto. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai sensor smartphone loh. Misalnya mengukur cahaya, suara, kecepatan hingga tekanan udara berbekal semua sensor yang tersedia, Sob. Canggih, ‘kan?

Inovasi apa lagi yang bakal dilakukan Google di tahun-tahun mendatang ya, Sob? (Sbg/Rig)

Comments