Sabigaju.com – Mulai Berbisnis adalah dambaan bagi mayoritas orang, termasuk wanita. Di zaman sekarang, ranah bisnis tidak hanya didominasi oleh kaum adam saja, tetapi wanita juga memiliki kesempatan yang sama. Global Entrepreneurship Monitor (GEM), sebuah riset tentang kewirausahaan negaranegara di dunia, menjelaskan bahwa wanita zaman sekarang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sehingga memiliki potensi untuk menjalankan bisnisnya sendiri. Namun, ada hal penting untuk wanita-wanita perhatikan sebelum mulai berbisnis sendiri.

Dilansir dari Huffpost.com, Sallie Krawcheck, CEO dari Ellevest menjelaskan bahwa memulai usaha yang sesuai dengan passion memang sangat menyenangkan. Namun, memulai bisnis juga menyita banyak waktu, kerja tim, dan butuh keberuntungan yang banyak. Jadi, sebelum Anda melayangkan surat resign ke atasan Anda, sebaiknya buat dulu ide bisnis Anda dan perbanyak jaringan.

Buat Ide Bisnis Anda

Banyak bisnis yang berawal dari passion. Andra Alodita yang memiliki passion di bidang fotografi dan menulis sukses mengembangkan blognya menjadi bisnis. Nike Prima yang memiliki passion di bidang interior rumah dan menulis juga terbilang sukses mengembangkan Living Loving. Tentu perjalanan mereka untuk menemukan bisnis yang cocok tidak dilalui secara instan. Passion yang ada mereka ramu menjadi sebuah ide yang jelas untuk bisa dijalankan sebagai sebuah bisnis.

Jadi, sebelum Anda memulai bisnis, buat dulu ide dari passion yang dimiliki. Eksplor segala kemungkinan di passion Anda untuk menemukan di bagian mana Anda bisa menghasilkan uang. Setelah itu, buatlah riset pasar kecil-kecilan untuk mengetes ide Anda memang menghasilkan uang bagi Anda atau tidak. Tentu inti dari sebuah bisnis adalah menghasilkan uang, bukan?

Perbanyak Jaringan

Mungkin yang Anda bayangkan memiliki banyak jaringan pertemanan adalah setumpuk kartu nama atau ngobrol dengan banyak orang sepanjang sore di sebuah kafe. Namun, hal itu memang penting untuk Anda lakukan. Memiliki jaringan banyak bisa sangat menguntungkan bagi bisnis yang Anda ingin jalankan. Anda tidak tahu suatu saat Anda bisa saja bertemu seseorang yang mampu membantu membesarkan bisnis Anda. Oleh karena itu, perbanyak jaringan pertemanan Anda.

Tidak perlu susah-susah untuk menambah jaringan pertemanan. Anda bisa ngobrol dengan teman sekantor Anda. Selanjutnya, Anda juga bisa bertemu dengan orang-rang diluar lingkungan kantor Anda dan bertukar kartu nama. Selain itu, Anda bisa juga bergabung dengan jaringan profesional berisi orang-orang yang hebat di bidang bisnis Anda. Dengan memiliki jaringan yang luas, Anda memiliki kesempatan yang luas juga untuk mengembangkan bisnis Anda.

Nah, itulah 2 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis. Buatlah ide Anda sejelas mungkin dan coba riset pasar untuk menentukan seberapa menguntungkan ide bisnis Anda. Kemudian, perbanyak jaringan untuk memperluas kesempatan bisnis Anda berkembang. Jika Anda sudah memiliki 2 hal tersebut, bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat. (sbg/Erny)

Comments