Lomba 17 Agustusan Panjat Pinang
(Foto: Instagram.com/radiobosfmweleri)

Sabigaju.com – Bisanya saat mendekati Peringatan Hari Kemerdekan Indonesia begitu banyak kegiatan 17 agustusan berbagai perlombaan yang berlangsung dengan meriah dan biasa .

Macam perlombaan “17 Agustusan” tersebut beraneka ragam, mulai dari makan kerupuk, balap karung hingga panjat pinang. Lelaki, perempuan, anak-anak, tua dan muda biasanya ikut berpartisipasi. Bahkan hadiah untuk para pemenangnya pun juga disiapkan panitia.

Namun pada tahun ini, momen  17 Agustusan dirasa akan banyak yang berbeda, karena mengingat pandemi covid-19 yang belum juga mereda dan memaksa masyarakat untuk menjaga jarak fisik antar sesama.

Prinsip menjaga jarak dan menghindari adanya kumpulan massa atau keramaian dalam masa pandemi yang masih belum terkendali ini tetap harus dijaga.

Nah banyak yang berpikir kemeriahan Hari kemerdekaan seolah hilang dengan ditiadakanya acara 17 Agustusan. Padahal hal itu keliru. perayaan 17an bisa seru kok daan juga aman.

Nah, Sabigaju punya rekomendasi berbagai lomba 17 Agustusan di tengah masa pandemi.

BACA JUGA: Dukungan Sosial yang Dibutuhkan selama Pandemi 

1. Lomba Menulis

Ini adalah lomba 17 agustusan yang paling aman untuk diadakan. Lomba menulis selain bermanfaat untuk mengajarkan peserta lomba membaca, menulis juga mengajarkan seseorang untuk meluapkan hasil pikirnya.

Alhasil, lomba menulis tak hanya sebagai bentuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia namun juga memberikan manfaat yang banyak untuk semua kalangan.

Jika kamu hendaak menyelenggarakannya, kamu bisa memberikan tema-temaHUT Kemerdekaan. Lalu, meminta peserta mengirimkan hasil karya melalui email. Jangan lupa yah untuk menyiapkan hadiah buat para pemenang.

2. Lomba E-sport

jenis lomba 17 agustusan yang juga terbilang aman adalah dengan menggelar Perlombaan E-sport. Kegiatan ini pastinya bakal akan diminati oleh banyak kalangan gaes.

Kebayang dong kerennya wilayah kamu menggelar acara ini. Soalnya kamu bisa menyelenggarakan sebuah eventperlombaan tanpa harus bertatap muka.

BACA JUGA: Detoks Mental, Kuras Sampah di Pikiran Saat Pandemi

3. Lomba Kreasi Masker

Masker yang menjadi peralatan utama yang wajib dikenakan dalam masa pandemi saat ini dan menjadi salah satu untuk protokol kesehatan. Berangkat dari hal itu kamu bisa menjadikannya sebagai ide untuk perlombaan 17 Agustusan

Bayangkan ada berapa puluh ide yang bakal muncul dari lomba ini. Apalagi jika para peserta diberi kesempatan untuk memaparkan kelebihan masker yang dibuatnya.

Tapi sebaiknya acara ini dibikin lepas yah gaes, jangan kaku biar meriah.

BACA JUGA: Jenis Musik yang Sangat Baik untukmu di Masa Pandemi 

4. Lomba Video Kreaatif

Cara lain adalah membuat hype 17 Agustusan adalah dengan mengadakan lomba video kreatif di platform media sosial. Soalnya Zaman sekarang hampir semua orang menonton video di YouTube ataupun Tiktok. Kamu tinggal pilih m17 u di bikin di platform apa.

Kalau kamu jadi panitianya maka arahkan para peserta untuk a berkreasi se-unik mungkin dengan gerakan-gerakan lucu dan ditampilkan di TikTok dengan menggunakan tagar alias hastag yang kamu tentukan agar peserta yang ikut lebih mudah didata dan dilacak.

Ditengah pandemi ini alangkah bijaknya jika kita  nggak kaku dan ngotot bikin lomba  17 Agustusan dengan meremehkan ataupun mengabaikan  bahaya Virus Corona. (Sbg/Rig)

Comments