Sumber: webmdmen.com

Sabigaju.com – Berat badan yang berlebih seringkali membuat seseorang merasa kurang fit bahkan banyak juga yang menjadi kurang percaya diri. Biasanya kondisi seperti ini memicu Anda untuk mengatur pola makan atau diet.

Sayangnya, banyak yang memilih cara diet ekstrem yang berbahaya dan salah karena ingin menurunkan berat badan secara instan. Dilansir dari nhs.uk, ada 12 tips diet yang efektif turunkan berat badan tanpa membahayakan kesehatan Anda secara keseluhuran. Simak 12 tips diet berikut ini!

12 Tips Diet yang Efektif

1. Makan Teratur

Diet atau mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan bisa dimulai dari makan teratur. Makan teratur bermanfaat baik untuk melancarkan proses pembakaran kalori tubuh dengan lebih cepat. Makan teratur juga menurunkan nafsu ngemil dan membuat Anda lebih mudah untuk makan dengan menu sehat.

2. Jangan Tinggalkan Sarapan

Sarapan punya peran penting dalam proses penurunan berat badan. Dengan rutin sarapan Anda akan lebih mudah menjaga diri dari makan berlebihan sepanjang hari. Namun, syaratnya makanlah menu sarapan yang sehat dan kaya dengan serat. Pasalnya, sarapan yang penuh nutrisi bisa membuat Anda lebih sehat dan lebih mudah memaksimalkan pembakaran kalori tubuh.

3. Konsumsi Buah dan Sayur dengan Cukup

Buah dan sayur dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk. Kedua makanan ini umumnya rendah kalori dan lemak. Kebaikannya lagi, kedua makanan ini justru tinggi serat yang membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi buah dan sayur termasuk dalam salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara efektif dengan membuat tubuh tetap sehat karena kandungan nutrisi di dalamnya.

4. Minum Air Putih dengan Cukup

Pernahkah Anda merasa lapar dan bisa kenyang sesaat setelah minum air putih? Kondisi tersebut menandakan bahwa lapar yang datang sebenarnya disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi. Maka dari itu, minum air putih dengan cukup sangat penting dalam proses menurunkan berat badan.

5. Lebih Aktif secara Fisik

Tubuh yang aktif membantu Anda memaksimalkan penurunan berat badan. Pasalnya, aktivitas fisik berperan besar dalam pembakaran kalori dalam tubuh. Untuk permulaan, Anda bisa mencobanya dengan mengganti kebiasaan naik lift dengan naik tangga. Atau sederhana saja, jangan pergi menggunakan kendaraan bermotor kalau jaraknya di bawah satu kilo meter. Gimana, siap mencoba?

6. Membaca Label Makanan

Saat belanja bulanan atau mingguan, coba sediakan waktu lebih untuk membaca label makanan yang Anda beli. Cara ini membantu Anda memilih menu makanan yang lebih sehat sehingga mendukung program diet yang sedang dijalani.

7. Mengganti Piring ke Ukuran yang Lebih Kecil

Ukuran piring untuk kita makan punya peran besar dalam proses menurunkan berat badan. Pasalnya, ukuran piring yang besar memicu kita makan lebih banyak. Sebaliknya, piring berukuran kecil akan membuat Anda makan dalam porsi yang lebih kecil juga. Coba kurangi porsi makan dengan cara ini, yuk!

8. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengurangi porsi makan saat diet memang kadang kala membuat Anda merasa cepat lapar. Tenang saja, hal itu bisa diatasi dengan makan makanan yang mengandung tinggi serat. Sumber makanan tinggi serat yang dimaksud misalnya, sumber karbohidrat kompleks seperti gandum dan nasi merah, sayur-sayuran hijau, dan juga aneka buah-buahan.

9. Jangan Menghindari Makanan Favorit

Anda pasti pernah merasakan masa-masa sulit saat diet. Mungkin menghindari makanan favorit adalah salah satunya. Menghindari makanan favorit saat diet justru membuat nafsu makan Anda akan berlipat-lipat sehingga lebih baik tidak menghindarinya, tetapi mencoba mengatur kapan waktu paling tepat mengonsumsinya.

10. Jangan Menyetok Junk Food

Kebiasaan menyetok makanan seperti cokelat, cake, hingga berbagai makanan instan punya pengaruh terhadap keberhasilan program diet Anda. Sebaiknya jangan lagi menyetok junk food dan ubah dengan menyetok makanan sehat seperti buah-buahan, unsalted popcord, atau jelly rendah gula.

11. Kurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol menjadi salah satu penyebab obesitas. Maka dari itu, mengurangi konsumsi alkohol bisa membantu menyukseskan program diet yang sedang dijalani. Kalau Anda tidak mengonsumsi alkohol, maka Anda juga harus mengurangi konsumsi minuman tinggi gula seperti soda.

12. Buat Plan Meal Selama Seminggu

Membuat plan meal bisa membantu Anda untuk tetap makan sehat dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, buat menu makan apa saja yang harus Anda konsumsi selama seminggu pada saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Tidak salah juga bila Anda juga memasukkan menu dan waktu snacking dalam plan meal tersebut.

12 tips diet tersebut sangat pas untuk Anda yang baru saja memulai program diet untuk menurunkan berat badan. Selain simple, semua tips di atas juga baik untuk kesehatan Anda. Jadi, selamat mencoba! (Sbg/Er)

Comments