Sabigaju.com – Menuju perhelatan olahraga akbar di Asia, obor khas Asian Games 2018 diperkenalkan dan akan diarak keliling Indonesia. Sebagai simbol acara, obor Asian Games memang selalu menunjukkan ciri khas kebudayaan negara penyelenggara. Tahun ini, obor yang diperkenalkan pada konser 100 Hari Menuju Asian Games 2018 berbentuk panjang dan ramping. Obor ini merupakan gabungan alat tradisional olahraga beladiri asal Betawi dan Palembang. Mencerminkan betapa pentingnya alat tradisional tersebut, obor ini diibaratkan sebagai sesuatu yang dijunjung tinggi dan dijaga. Api yang berkobar di atasnya selama acara digelar juga merupakan cerminan dari semangat para peserta dan atlet.

Dirancang oleh tim desain Panitia Pelaksana (Inasgoc), obor ini memiliki berat mencapai 1.7 kg saat dalam keadaan penuh bahan bakar. Didominasi oleh warna perak, obor Asian Games 2018 akan menggunakan propane gas sebagai bahan bakar. Api yang akan dinyalakan di obor ini berada di India selaku tuan rumah Asian Games pertama tahun 1951. Rencananya, api untuk obor ini akan diambil dari India pada bulan Juli 2018. Sesampainya di tanah air, obor dan api Asian Games akan dipawai ke 58 kabupaten di 18 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Pesta Kemeriahan Siap Warnai Final Piala Presiden 2018

Melewati semua pulau besar di Indonesia, obor Asian Games diharapkan jadi sarana promosi dan ajakan untuk masyarakat dalam mendukung acara. Bentuk acara yang mendampingi pawai obor keliling negeri juga berupa pagelaran budaya di setiap daerah yang dilewati. Para pemuda dan pelajar di daerah – daerah tujuan diharapkan berpartisipasi meramaikan pawai obor Asian Games. Dengan kurun waktu kurang lebih satu bulan, obor Asian Games 2018 akan tiba di Jakarta pada 15 Agustus 2018. Sepanjang tur keliling negeri Indonesia, media yang nantinya akan meliput diharapkan dapat menampilkan kebudayaan khas Indonesia di setiap daerah.

Diperkenalkan pertama kali dalam konsep acara Konser 100 Hari Menuju Asian Games 2018, lagu resmi Asian Games juga turut ditampilkan. Akan dirilis secara digital hari ini (11/05), lagu berjudul “Janger Persahabatan” secara resmi. Diciptakan oleh Guruh Soekarno Putra, Janger Persabatan bertemakan sportivitas dan keakraban dalam berolahraga. Lagu ini diharapkan dapat dinyanyikan seluruh lapisan dari sejak menyambut hingga usai acara Asian Games 2018. (sbg/Novel)

Comments